Ngecat Ulang Mobil Di Bengkel Resmi, Garansi 6 Bulan!

Editor - Jumat, 5 Maret 2010 | 17:34 WIB

(Editor - )

OTOMOTIFNET - Bikin bodi mobil yang tergores, penyok kena ujung setang motor, bahkan yang rusak parah karena benturan frontal jadi kembali seperti keluar dari showroom? Instalasi body repair di bengkel resmi pantas Anda jagokan.

Bergaransi pula, meski mobil Anda sudah lewat masa garansinya. “Kami garansi 6 bulan,” buka Hersunoto Amerto, manager body paint Honda Pradana di Cileduk Tangerang.

Lalu Sutarsono, kepala bengkel Astra Internasional/Daihatsu Jakarta Pangeran Jayakarta, Jakut juga kasih jaminan 6 bulan atas hasil kerja timnya.

Tak mau kalah. Totok Trilaksono, service supervisor Auto2000 Body & Paint di Sunter Jakut yakinkan jaminan 3 bulan atas hasil perbaikan ringan maupun berat. “Setiap detail perbaikan kami jamin sampai 20 ribu kilometer,” tegas Adji Prakoso sebagai operation head Nissan TB. Simatupang Jaksel.

ALA PABRIK MOBIL


Adji menyebut contoh mudah, untuk soal pengecatan pihaknya mengacu pada standar kerja dan kontrol mutu seperti sebuah mobil dibuat. “Fixed it right at the first time,” sebutnya akan moto proses kerja di bengkelnya.

Hersunoto menyebut adanya 4 unit oven merek Blowtherm yang jamin mutu pengecatan. Belum termasuk beberapa unit pengecatan komponen mobil yang tertutup secara terpisah. “Untuk menghindari overspray,” katanya.

Ini demi kepuasan konsumen, sembari ingatkan bahwa mewakili bengkel resmi membuat ekspektasi konsumen atas hasil kerja jadi tinggi.


Sasis baru diganti dengan bantuan jig khusus agar pemasangan presisi

Punya oven lebih dari satu unit buat tangani ratusan mobil tiap bulan, yang ringan bisa masuk program "express service"

Bahkan untuk mempertahankan mutu laburan cat, semua bengkel yang kami sambangi ini memiliki unit pengoplosan ‘ting-ting’ cat sendiri. Seragam alasannya, jangan sampai ada warna yang belang.

Kelihatannya simpel, tapi memanfaatkan pasokan cat yang siap pakai potensial terjadinya hasil ‘belang’. 

Tak mengherankan juga kalau dalam satu lokasi bengkel seolah ada line terpisah buat semua proses pekerjaan body repair. Ada yang buat tarik sasis, cat bodi, cat komponen sampai pendempulan.

Seiring itu pula, peranti yang dipunya juga valid. Sebut saja, umumnya punya alat dry sanding buat haluskan dempul tanpa air. Alat tarik sasis, minimal ada satu plus “jig” untuk berbagai model mobilpun terbilang hal wajib.


Penulis/Foto: Jodi, Anton, eRIE