Marquez Amankan Podium Puncak Pertamanya

billy - Minggu, 15 Mei 2011 | 19:05 WIB

(billy - )


Tiga seri pembuka yang dijalani tanpa menghasilkan satu poin pun membuat rider asal Spanyol Marc Marquez bertekad untuk meraih podium pertamanya di seri Moto2 Prancis. Hasilnya tak main-main, pembalap yang merupakan juara kelas GP 125 cc tahun 2010 ini berhasil merebut podium utama pada lomba yang berlangsung di sirkuit Le Mans pada Minggu (15/5).

Hasil ini tentunya cukup mengejutkan sekaligus menunjukan bakat, kegigihan serta kenekatan pembalap tim CatalunyaCaixa ini di lintasan Moto2 2011.

Saat awal lomba sang pimpinan klasemen, Stefan Bradl langsung melesat dan mencoba menjauhi para pesaing. Sedangkan perebutan tempat kedua antara pembalap Swiss, Thomas Luthi dan Yuki Takahashi berlangsung ramai. Pertarungan semakin seru saat Ianonne mulai mengejar di posisi enam, sayangnya hanya beberapa tikungan menjelang satu lap pembalap Italia ini terjatuh.

Selain itu, kejutan sempat hadir dari pembalap tim Pons HP 40 yaitu Aleix Espargaro, yang mampu menyodok di tempat kelima di awal lomba. Penampilan gemilang mulai diperlihatkan Marquez yang butuh dua lap untuk naik ke posisi tujuh. 

Pertengahan lomba, Marquez bersaing dengan Simone Corsi dan Espargaro. Pertarungan yang berlangsung dalam kondisi cuaca mendung ini mampu dituntaskan Marquez dan naik ke posisi lima. Naiknya Marquez membuat perebutan tempat ketiga semakin seru antara dirinya dengan Simon dan Takahashi.
 
Dari awal hingga pertengahan lomba, persaingan perebutan posisi satu memang terasa datar berkat kepemimpinan Bradl yang tak terusik. Namun hasil ini langsung berubah seru setelah Luthi berhasil merebut posisi pertama dari Bradl, dan dilanjutkan pembalap lainnya yakni Takahashi dan Marquez yang ikut menyalip Bradl.

Memasuki 7 lap terakhir, persaingan untuk posisi pertama semakin sengit setelah Luthi, Takahashi dan Marquez terlibat duel. Hasilnya, Marquez berhasil mematahkan perlawanan keduanya dan menjauh dari rombongan beberapa lap berikutnya. (otosport.co.id)
 
Hasil Balap Moto2 Seri Le Mans 2011:
1.   MARQUEZ M.Team CatalunyaCaixa Repsol Lap 26
2.   TAKAHASHI Y. Gresini Racing Moto2 +1.982 detik
3.   BRADL S. Viessmann Kiefer Racing +2.237 detik
4.   SIMON J. Mapfre Aspar Team Moto2 +2.349 detik
5.   LUTHI T. Interwetten Paddock Moto2 +2.609 detik
6.   ESPARGARO A. Pons HP 40 +12.295 detik
7.   CORSI S. Ioda Racing Project +18.739 detik
8.   AEGERTER D. Technomag-CIP +18.918 detik
9.   SMITH B.Tech 3 Racing +20.408 detik
10.  DE ANGELIS A. JIR Moto2 +20.566 detik