Jarvis - Furuzawa : Rossi Adalah Surga Bagi Yamaha!

billy - Selasa, 9 November 2010 | 14:09 WIB

(billy - )



Foto : Yamaha Motor Racing Srl

OTOMOTIFNET - Akhir pekan setelah Valentino Rossi menjalani seri terakhir bersama tim Fiat Yamaha, adalah hari yang paling mengharu-birukan semua pendukung Valentino Rossi dan juga tim Yamaha. Pasalnya Rossi yang sudah tujuh tahun memperkuat tim tersebut, akan hengkang ke tim Ducati per hari ini. Bos tim Yamaha Lin Jarvis dan Masao Furusawa, pun mengakui bahwa Rossi adalah surga bagi tim Yamaha sejak kedatangannya di tim tersebut.

“Saya memulai karir di tim Yamaha sejak tahun 2003 lalu, rasanya seperti berada di dalam neraka. Ingin rasanya membuat YZR-M1 menjadi motor yang mempunyai kekuatan. Tapi tidak cukup dengan mesin saja, kami membutuhkan sesuatu yang lebih, hingga saat saya menemukan Valentino Rossi. Saya juga tidak percaya Rossi akan menerima pinangan Yamaha, karena Yamaha adalah tim terburuk saat itu. Hingga akhirnya Rossi memenangkan MotoGP 2004, hanya Rossi yang bisa menaklukkan M1,” papar Furuzawa.

Pengakuan Furuzawa ini, tentu adalah kejadian yang sulit dilupakan saat Rossi bergabung di tim Yamaha. Rossi mematahkan semua cemoohan yang dituduhkan kepadanya dan kepada tim Yamaha, saat ia memutuskan untuk bergabung dengan tim tersebut. Termasuk tim Repsol Honda yang selalu memamerkan paket terbaik RC211V-nya saat itu.

“Tanpa Rossi semuanya pasti tidak mungkin seperti sekarang ini. Saat itulah kami memutuskan bahwa kami membutuhkan Rossi. Saat itu kondisinya adalah kami harus berbuat atau harus mati. Dan kami bangga karena Rossi bisa memutarbalikkan segalanya di Yamaha tahun itu,” bangga Jarvis.

Hmm, apa yang diungkapkan oleh dua orang yang menyaksikan kiprah Rossi sejak awal mereka di Yamaha, tentu menjadi hal yang tidak bisa dianggap enteng. Mengingat Rossi memang menjadi orang yang paling berjasa mengangkat martabat Yamaha di motorsport.