Rossi Kembali, Rating TV di Italia Naik 43,5 Persen

Editor - Selasa, 20 Juli 2010 | 18:48 WIB

(Editor - )


Foto : Yamaha Motor Racing Srl

OTOMOTIFNET - Turunnya jumlah penonton seiring dengan absennya Valentino Rossi sejak MotoGP seri Mugello Italia digelar, memang terbukti merosot tajam. Apalagi saat pagelaran FIFA World Cup dimulai, jumlah penonton MotoGP seri selanjutnya menurun hingga 50 persen. Namun kondisinya berbalik cukup drastis ketika Rossi kembali berlaga di seri Jerman kemarin yaitu sebesar 43,5 persen atau sebanyak 5,5 juta penonton.

Penelitian ini dilakukan oleh Auditel (cabang A.C. Nielsen di Italia) yang meneliti tentang peningkatan jumlah penonton MotoGP di Italia setelah Rossi kembali di MotoGP Jerman. Tentunya ini adalah kabar baik bagi Dorna, mengingat rating TV meningkat, yang berarti jumlah pundi-pundi uang juga bertambah banyak.

Bukan hanya sampai pada sesi balapan live-nya saja, namun balapan siaran ulangnya pun mendapatkan perhatian yang lebih besar dari masyarakat Italia. Jika sesi balapan live hanya ditonton oleh 5,5 juta orang, sesi siaran ulang malah ditonton oleh 6,1 juta orang atau meningkat sebesar 49.26 persen dibandingkan seri sebelumnya.

Apapun analisis penelitian tersebut, yang pasti ajang MotoGP  memang sudah identik dengan Rossi. Dan ini akan membuat Dorna semakin percaya bahwa mempertahankan Rossi di MotoGP adalah langkah yang paling penting untuk menjaga rating penonton agar tetap tinggi. Karena Rossi memang aset yang paling berharga di MotoGP. Enggak percaya? silahkan bandingkan sendiri MotoGP tanpa Rossi dan ketika Rossi ada di sana.

Penulis : Uda