Sulit Mencari Pengganti di Motor Rossi

Editor - Senin, 7 Juni 2010 | 14:17 WIB

(Editor - )


Foto : Yamaha Motor Racing Srl

OTOMOTIFNET - Setelah Valentino Rossi mengalami kecelakaan di sesi FP2, banyak pihak yang berharap agar tim Fiat Yamaha segera mencari pembalap yang bisa menunggangi motor sang the Doctor. Alasannya tentu untuk membantu Jorge Lorenzo mempertahankan poin di klasemen tim. Hmm cukup masuk akal, tapi pembalap mana yang tepat dan bisa menunggangi motor legenda MotoGP itu?

Mari kita lihat dulu para pembalap yang menggunakan motor Yamaha YZR-M1. Diantaranya adalah Colin Edwards dan Ben Spies. Kedua pembalap ini berada di bawah payung Yamaha, namun di tim yang berbeda. Banyak yang memprediksikan bahwa Ben Spies lebih cocok untuk menempati kekosongan kursi di tim Fiat Yamaha. Selain karena gaya balapnya cukup agresif, juga memiliki karakter unik.

Namun tidak akan semudah itu, pasalnya kepindahan Spies nantinya bakal melanggar regulasi. Karena keberadaan Spies di MotoGP bersama Yamaha terhitung sebagai rookie. Karena ia baru menjalani musim pertamanya menggunakan motor Yamaha. Lagi pula ini akan menuai protes dari tim pabrikan lain jika Spies diberikan perlakuan berbeda.

Pembalap yang paling memungkinkan untuk menggantikan posisi Rossi sementara adalah Edwards. Selain ia sudah lama berada di MotoGP bersama tim Yamaha, juga karena ia sudah berpengalaman dan mengenali sedikit karakter pembawaan Rossi. Edwards juga adalah salah satu pembalap yang terkenal bisa melakukan setting sendiri untuk motornya.

Sayangnya pihak Fiat Yamaha tidak mau terlalu cepat memutuskan untuk memilih, siapa yang bakal pengganti sementara Rossi di tim Fiat Yamaha. Alasannya adalah tidak mudah mencari pembalap yang bisa mengendarai motor Rossi.

“Kami juga berharap banyak agar ini bisa kami lakukan. Namun tidak secepat itu kami memutuskan, perlu diskusi mendalam dengan berbagai pihak yang terlibat di sini. Kemungkinan besar di Catalunya atau sebelumnya, keputusan sudah ada. Karena tidak semudah itu mencari pengganti untuk mengendarai motor Rossi,” tegas Lin Jarvis manajer tim Fiat Yamaha.

Jadi pilihannya cuma Colin Edwards saja. Karena dari sisi regulasi, Ben Spies tidak memenuhi syarat. Apakah Fiat Yamaha akan menempuh segala cara agar Spies bisa menggantikan Rossi? Kita lihat saja

Penulis : Uda