Mazda2 Bermesin 1.300 cc Skyactiv, Lebih Irit BBM

billy - Senin, 23 Mei 2011 | 14:04 WIB

(billy - )


Tokyo – Mesin generasi anyar yang dikembangkan oleh Mazda yaitu Skyactiv bakal segera dinikmati secara luas oleh penggemar Mazda. Pasalnya, produsen asal Jepang tersebut mengumumkan untuk memasang mesin ini pada produk massalnya di Jepang, atau JDM.

Dan varian yang pertama kali mendapat kehormatan menyandang mesin “Skyactiv-G 1.3” bertipe bensin direct-injection adalah hatchback Demio, alias Mazda2 yang siap dipasarkan di negeri Sakura pada musim panas ini.

Demio bermesin Skyactiv ini sendiri pertama kali dipamerkan di ajang Tokyo's Automotive Engineering Exposition pada tanggal 18-20 Mei pekan lalu.

Oiya, mesin berkapasitas 1.3 liter  yang menghasilkan tenaga 84 dk pada 5.400 rpm. Hebatnya, mesin ini memiliki rekor kompresi lho, yakni 14.0:1. Jadi dipastikan wajib menenggak BBM beroktan 95 ke atas. Urusan konsumsi BBM, Demio menghasilkan angka yang fantastis, yaitu 1 liter untuk 30 km. Wow!

Tentunya bukan hanya mesin yang mendukung iritnya konsumsi BBM, namun adanya penambahan beberapa sistem baru. Diantaranya Mazda new i-stop sistem dan girboks continuously variable transmission (CVT), yang berkontribusi menghemat BBM hingga 8 persen.

Mazda menyatakan jika mesin Skyactiv ini telah mengantongi tak kurang dari 130 paten, yang terdiri dari beragam teknologi baru.

Diantaranya multi-hole injectors yang mampu meningkatkan kepresisian semburan BBM. Lalu ruang bakar kompak dengan ukuran stroke panjang untuk efisiensi lebih baik, material blok mesin yang ringan dan kuat, serta sistem dual sequential valve timing.

Selain itu, Mazda juga bertujuan untuk meningkatkan produk global bermesin yang efisiensi BBM nya lebih irit hingga 30 persen di 2015 melalui teknologi Skyactiv. (mobil.otomotifnet.com)