Sosok Ford Mustang Versi Nascar, Pesaing Dodge Challanger Nascar!

billy - Sabtu, 19 Februari 2011 | 09:45 WIB

(billy - )


Amerika – Tahun 2010 lalu penggemar balap khas Amerika, Nascar dikejutkan dengan penampilan musclecar Dodge Challanger. Tak mau ketinggalan, Ford juga menampilkan muscle car legendarisnya, Mustang versi Nascar.

Diambil dari basis Mustang GT versi 2011, kemudian mobil ini dirombak sesuai dengan standar Nascar. Diantaranya  wajib memasang sasis steel tube.

Lalu penggunaan body work yang tetap memperlihatkan sosok asli Mustang, dengan tampilan stock. Jadi jangan harap bisa melihat sosok Mustang dengan widebody dan rear wing layaknya balap turing.

Urusan mesin, Nascar mewajibkan kontestannya memakai mesin V8, 5.800-5.860 cc bertransmisi 4-speed manual. Untuk tenaga di seri pemula Nationwide, Mustang hanya boleh mempunyai tenaga sebesar  700 dk. Dan di kelas tertinggi, Sprint Cup Mustang akan dibekali tenaga sebesar 865 dk.

Sayangnya, Mustang versi Nascar ini belum dapat menggantikan posisi Fusion sebagai wakil Ford di ajang tertinggi Nascar, Sprint Cup. Sebab, peraturan yang membolehkan muscle car dengan siluet bodi coupe, atau dua pintu baru diresmikan di musim 2013 mendatang.

Sebagai gantinya, tahun ini Mustang akan berpartisipasi di balap Nascar, Nationwide yang dikenal sebagai ajang uji coba mobil Nascar tipe baru.

Hmm, pasti seru melihat kiprah muscle car di ajang balap. (mobil.otomotifnet.com)