Mulai Tahun Depan, Daihatsu Akan Semakin Indonesia

billy - Rabu, 24 November 2010 | 16:42 WIB

(billy - )



OTOMOTIFNET - Kabar baik bagi pabrikan Jepang, PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Mulai tahun depan, pemegang merek mobil Daihatsu di tanah air ini akan semakin Indonesia. Pasalnya ADM akan dipimpin langsung orang Indonesia.

Bila sebelumnya, pimpinan PT ADM dipegang oleh Takashi Nomoto sebagai Presiden Director, maka mulai Januari tahun depan, Sudirman MR yang sekarang menjabat sebagai Vice Presiden ADM akan menggantinkan posisi Presiden Director PT ADM.

Pergantian struktur tersebut diucapkan langsung Presiden and Director Daihatsu Motor Corp, Takashi Ina, saat menghadiri perayaan produksi 2 juta unit Daihatsu di Indonesia, hari ini (24/11).

"Sebagai salah satu bentuk penghargaan kami, mulai tahun depan Astra Daihatsu Motor sebagai perwakilan Daihatsu di Indonesia akan dipegang langsung oleh orang Indonesia sendiri, yakni Sudirman MR," ujarnya.

Sudirman MR, yang selama ini menjabat sebagai wakil presiden ADM dianggap sudah banyak berperan dan berkontribusi dalam memajukan Daihatsu di Indonesia, karenanya kepercayaan tersebut pun ditingkatkan dengan menjadikannya Presiden Direktur ADM.

Daihatsu sendiri sudah memiliki rencana-rencana kedepan yang tentunya bertujuan untuk semakin mengembangkan dirinya. Salah satunya hendak merambah daerah-daerah di luar pulau Jawa, dengan penambahan outlet. Saat ini, Daihatsu tercatat sudah memiliki 179 outlet.

Selain itu, Daihatsu juga akan menambahkan kapasitas pabriknya di Indonesia. Bila sebelumnya hanya pada kisaran 270 ribu unit perbulan, maka mulai pertengahan kuartal pertama tahun depan, Daihatsu akan menambah kapasitas produksinya mencapai 300 ribu unit.

"Dengan begitu, diharapkan kita bisa tetap mempertahankan posisi kedua sebagai produsen dengan penjualan terbanyak di Indoensia setelah Toyota," tambah Direktur Marketing PT ADM, Amelia Tjandra.