Upgrade Terios Lama Jadi New Terios? Mending Tukar Tambah Deh!

Editor - Rabu, 6 Oktober 2010 | 10:21 WIB

Upgrade Terios Lama Jadi New Terios? Mending Tukar Tambah Deh! (Editor - )

OTOMOTIFNET - Anda sudah terlanjur membeli Daihatsu Terios hanya beberapa bulan sebelum New Terios diluncurkan?

Pastinya anda menjadi salah satu konsumen yang merasa dicurangi oleh ATPM dan ingin melakukan upgrade untuk memiliki tampilan New Terios. Tapi tidak semudah itu, karena New Terios yang kabarnya hanya minor change ternyata mengalami banyak perubahan.

Terutama pada tampilan eksterior, interior, audio, steering wheel dan sistem Electronic Power Steering (EPS) yang terdapat didalamnya.

Dan jika anda berniat melakukan upgrade, sebaiknya tunda dulu deh! Karena pihak PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sendiri sangat tidak merekomendasikan upgrading tersebut. Walaupun hanya sekedar upgrade tampilan luarnya saja.

“New Terios ini sangat berbeda dengan Terios generasi pertama. Mulai dari bracket, dimensi part seperti bemper depan, cantolan grill depan, bemper belakang dan lain sebagainya."

"Kalau mau mengaplikasikan di Terios yang lama agak sulit, karena harus mengubah bebeapa setang bracket yang nempel ke sasis mobil."

"Dan ini sangat tidak kami rekomendasi, karena selain akan menggugurkan garansi mobil, kualitas hasil lasnya kami tidak bisa jamin,” papar Pradipto Sugondo, kepada divisi pengembangan produk di ADM.

Bukan hanya proses pengelasan yang bakal ditebus sang pemilik jika berniat melakukan upgrade, tapi konsumen sudah pasti akan membeli bracket, body part, headlamp dan rearlamp-nya secara terpisah.

Dan diprediksi, biaya keseluruhan untuk proses upgrade tampilan ini, akan mencapai minimal Rp. 5 juta rupiah.

Itu baru bagian eksteriornya, kalau mau upgrade bagian interior, termasuk sistem EPS dan fitur tombol audio di kemudinya, tentu akan lebih mahal lagi.

Belum lagi sistem audio yang baru, serta pembalut interior yang lebih gelap, menjadi item yang bakal membuat kabel-kabel kelistrikan akan ikut terbongkar. Dan hal ini akan cukup riskan.

“Yang kami khawatirkan tentu wiring-nya sudah pasti akan ikut dibongkar. Dan ini adalah resiko yang cukup besar. Tapi bisa dilakukan, kecuali aplikasi suspensi baru. Karena titik tumpuannya berbeda. Makanya kami sangat tidak merekomendasikan untuk melakukan upgrade Terios lama ke New Terios. Mending tukar tambah deh...!” imbuh Pradipto kemudian.

Perbedaan harga Terios dengan New Terios bervariasi. Yaitu Rp. 1,5  - 3,5 juta untuk setiap tipenya. Yang jelas peningkatannya tidak sebanding dengan tampilan dan fitur baru yang ditawarkan di sana.

Penulis/Foto : Uda