Sekian Banyak SUV di Indonesia, Honda HR-V 1.8 Best of the Best!

Bagja - Kamis, 23 April 2015 | 18:26 WIB

(Bagja - )


Jakarta - Apa SUV terbaik di Indonesia tahun ini? Dari sekian banyak SUV yang dipasarkan di tanah air, sang pendatang baru Honda HR-V 1.8 L pada akhirnya yang terpilih sebagai Best of the Best SUV pada gelaran OTOMOTIF Award 2015, yang digelar hari ini (23/4) di Usmar Ismail Hall, jalan RS Rasuna Said Kuningan, Jakarta.

Sepertinya nggak percuma jumlah pemesanan Honda HR-V yang kini mencapai 20 ribu unit, sehingga membuat crossover terbaru Honda ini langsung diminati masyarakat Indonesia. Belum lagi desainnya yang serba kompak, termasuk usungan mesin dan fitur-fitur yang ditawarkan.

Padahal bicara pesaing, Honda HR-V 1.8 L masuk pada kategori Mid SUV Gasoline yang punya lawan-lawan yang tidak bisa dianggap enteng, mulai dari All New Nissan X-Trail 2.0, Mitsubishi Outlander Sport, Hyundai Tucson XG, KIA Sportage, juga Mazda CX-5 2.0. Dari segi mesin saja, Honda HR-V menawarkan mesin 1.8 i-Vtec, yang secara kapasitas paling kecil diantara lawan-lawannya.

Bahkan, disegmen SUV secara umum sendiri, Honda HR-V 1.8 L bisa menjadi lebih baik dari yang terbaik disegmen SUV masing-masing, seperti Honda HR-V 1.5 L yang mendapat Best Small SUV, lalu All New Nissan X-Trail sebagai High SUV Gasoline, KIA Sorento CRDi Best Mid SUV Diesel, dan Mercedes-Benz ML250 CDI yang menyabet gelar Best High SUV Diesel.

"Sekarang memang crossover sedang jadi tren. Karena konsumen tidak hanya membutuhkan satu hal saja pada satu mobil, tapi banyak. Nah, Honda HR-V bisa memenuhi semua kebutuhan tersebut. Karenanya kita senang HR-V bisa jadi Best of the Best SUV," ujar Direktur Marketing dan Aftersales Service Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy.

Soal tampang, Honda HR-V 1.8 sama persis dengan Honda HR-V 1.5 L, hanya lampu LED DRL dan LED Projector headlamp, lengkap dengan auto leveling membuat tampilannya makin mewah. Belum lagi, Honda HR-V 1.8 L ini jadi mobil Honda pertama di Indonesia yang menawarkan Panoramic Sunroof dikelasnya.

Honda HR-V 1.8 L juga menawarkan fitur seperti steering switch control, paddle shifter, cruise control, tilt and telescopic steering dan speedometer futuristik. Bahkan, ada 6 airbags khusus untuk Honda HR-V 1.8 L. Push Start Stop Engine, VSA (stability control), Electronic Parking Brake yang lengkap dengan Auto Brake Hold, juga Hill Start Assist.

Dibanderol seharga Rp 358 jutaan, bukan tanpa alasan kalau pada akhirnya pendatang baru sekalipun seperti Honda HR-V 1.8 L bisa langsung mencuri perhatian dengan menyandang gelar Best of the Best SUV di OTOMOTIF Award 2015 ini. (otomotifnet.com)