Motiv, Seperti ini Kalau Yamaha Bikin Mobil

Jumat, 22 November 2013 | 06:02 WIB


Tokyo - Ada yang nyeleneh di booth Yamaha Tokyo Motor Show 2013 yang sedang berlangsung di Big Sight. Siapa yang tidak tau kalau Yamaha adalah pabrikan sepeda motor. Tapi, ada juga mobil yang ditampilakan. Namanya Yamaha Motiv.

Ya, ini benar-benar sebuah mobil, yang memang sengaja diciptakan Yamaha untuk mengakomodasi transportasi harian di perkotaan yang sudah padat lalu lintasnya. Yamaha Motiv hanya menyediakan dua tempat duduk, sehingga didaulat sebagai citycar.

Yamaha Motiv dikembangkan Gordon Muray Design Limited, menggunakan konsep IStream yang keseluruhan bodinya tanpa menggunakan metode pengelasan. Mengandalkan rangka tubular dengan material komposit yang ringan, rigid, kuat, yang merefleksikan kendaraan F1.

Yamaha Motiv punya dimensi yang hanya 50 mm lebih sempit dan 60 mm lebih rendah, dengan panjang yang hampir sama, namun lebih ringan 100 kg dari citycar smart. Bodi luarnya dibuat dari plastik yang dapat meredam benturan kecil, jauh lebih baik dari baja atau alumunium sekalipun. Asiknya juga, bisa dibongkar pasang!

Yamaha membekali Motiv dengan mesin hybrid berkapasitas 1.0 liter 3 silinder dan motor listrik, yang mengusung sistem penggerak roda belakang. Tenaga yang diproduksi akan disalurkan melalui transmisi 6 percepatan kompling ganda. (mobil.otomotifnet.com)