AUDI & VW, Kompak Unggulkan SUV

billy - Jumat, 9 Maret 2012 | 14:10 WIB

(billy - )


Masih dari merek asal Negeri Bavaria. Audi, yang sebelumnya digadang akan menelurkan varian compact hatchback A1 di Tanah Air tampaknya masih malu-malu memperkenalkan diri. "A1 tidak tahun ini, masih terus kami pelajari kemungkinan untuk mendatangkannya," jawab Wanny Bhakti, Head of Public Relations Departement PT Garuda Mataram Motor (GMM), agen pemegang merek Audi.

Gantinya, wanita berkacamata ini memastikan bahwa varian sedan kupe A5 dan SUV kompak Q3 bakal mendapat prioritas lebih dahulu. Keduanya dipastikan akan sama-sama mengusung sumber tenaga 2.000 cc dengan teknologi twincharge TFSI khas Audi.

Berdasarkan referensi yang beredar di dunia maya, pabrikan berlogo empat lingkaran ini menyodorkan model A5 coupe dengan sumber tenaga yang efisien.

Dengan mengandalkan mesin bensin baru berkapasitas 1.8 liter TFSI, diklaim sanggup mengeluarkan tenaga setara dengan mesin lamanya yang berkapasitas 2.0 liter TFSI. Tentunya efisiensi dalam hal konsumsi bahan bakar menjadi perhatian.


Sementara 'saudara dekat'nya, Volkswagen (VW) juga memastikan varian SUV yang akan didorong ke pasar mobil nasional tahun ini. "Untuk Touareg, yang akan kita luncurkan adalah versi terbaru, jadi sudah major change," jelas Hary Novianto, Marketing Manager GMM yang juga menjadi agen pemegang merek VW di Indonesia.

Wujud dari Touareg lansiran 2012 sendiri memang sudah berubah total dilihat dari sektor eksterior. Paling mencolok di bonet depan, dimana desain lampu utama baru model projektor berpadu gril besar yang memanjang mampu menyiratkan kesan jantan.

Dimensinya juga terlihat lebih kompak dibanding generasi pendahulunya. SUV bermuatan lima penumpang ini juga dibekali mesin yang bertenaga. Produsennya berikan tiga opsi mesin berkonfigurasi V6 dalam varian bahan bakar elektrik hybrid, bensin konvensional dan diesel turbo.

Untuk mesin bensin 3.600 cc, mampu mempoduksi tenaga 280 dk. Sedangkan pilihan mesin diesel turbonya kapasitas 3.000 cc bertenaga 225 dk. Tidak ada keterangan daya tenaga untuk varian elektrik hybrid. Semua variannya juga telah dilengkapi fitur all-wheel drive dan transmisi otomatis 8 percepatan. (mobil.otomotifnet.com)