Para Menteri Ketagihan Mainan Toyota Whee di Pembukaan IIMS 2011

billy - Jumat, 22 Juli 2011 | 13:30 WIB

(billy - )


Jakarta - Setelah secara resmi, seremonial pembukaan 19th Indonesia International Motor Show 2011, para menteri yang ikut dalam acara pembukaan tersebut dibuat terkesima dengan kendaraan konsep Toyota Whee. Kenapa?

Ketika rombongan menteri tersebut menyambangi botth IIMS Toyota, sebelumnya Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, JOko Trisanyoto memberikan contoh dan panduan cara menaiki kendaraan konsep Toyota Whee. Penasaran, para menteri pun ikut mencoba.

Menteri Perindustrian, MS Hidayat, Menko Ekonomi, Hatta Rajasa dan Menteri Perhubungan, Freddy Numberi, menaiki kendaraan konsep yang diciptakan sebagai kendaraan individual tersebut dengan ragu-ragu, takut jatuh kali ya?

Bentuknya memang unik, tidak seperti mobil. Seperti otopet, ada dua roda kecil sebagai penggerak dan sebuah stir yang berfungsi sebagai penyeimbang sekaligus pengarah laju.

"Kalau stirnya digeser kedepan, maka dia akan maju, kalau mau mundur, tinggal ditarik sedikit kebelakang. Begitu juga kalau mau belok kanan dan kiri, tinggal digeser kekanan dan kiri," papar Joko.

Maka, sontak saja para menteri tersebut mempraktekan apa yang sudah dipandukan. Sesekali terlihat mereka tersenyum girang dan terlihat mulai ketagihan. Waja saja, soalnya kendaraan yang dinamakan Toyota Whee ini memang dirancang sebagai pengganti orang berjalan kaki.

Sumber penggeraknya adalah listrik yang disimpan di dalam sebuah baterai lithium. Bisa melakukan pengisian listrik dimana saja selama kurang lebih satu jam, maka Toyota Whee bisa diajak berjalan sampai sejauh 10 km, dengan kecepatan tidak lebih dari kecepatan orang berjalan. Asik ya? (mobil.otomotifnet.com)