Rio Haryanto Dieliminasi, Tetapi Lebih Cepat dari Rekan Setimnya

Sabtu, 19 Maret 2016 | 14:39 WIB

MELBOURNE – Rio Haryanto yang pertama kali mengikuti babak kualifikasi balap F1, langsung menghadapi sistem kualifikasi baru, ia tereliminasi di periode pertama, tetapi masih lebih cepat dari rekan setimnya di tim Manor.

Kualifikasi yang berlangsung di sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia, Sabtu (19/3), sesi pertama (Q1) yang berlangsung 6 menit, 22  pembalap langsung mengerahkan kekuatan mobilnya untuk mencari waktu terbaik.

Tahun lalu pada Q1, 5 pembalap paling pelan yang tersingkir ditunggu sampai sesi waktu Q1 berakhir.

Setelah 7 menit, satu per satu pembalap tersingkir setiap 1,5 menit. Pada sembilan puluh detik pertama, pembalap Manor Pascal Wehrlein teringikir karena ia masih berada di garasi tim.

Rio Haryanto yang sempat membuat waktu 1 menit 29,627 detik dan lebih cepat dari Werhrlein (1 menit 29,642 deik), berada di posisi 21. Ia menjadi target elimnasi berikutnya.

Kemudian satu per satu pembalap mulai dihitung mundur dalam durasi setiap 1,5 menit. Selain Wehrlein dan Rio, pembalap yang dieliminasi berikutnya Gutierrez, Gorsjean, Daniil Kvyat, Felipe Nasr dan Marcsu Ericsson.

Penampilan yang cukup baik dari Rio, paling tidak ia bisa lebih cepat dari Pascal Wehrlein.

Sayang Rio kena penalti mundur 3 posisi start. Akibatnya saat balapan hari Minggu (20/3) ia akan start paling belakang. (otomotifnet.com)