Hasil Kualifikasi: Lewis Hamilton Tercepat dalam Persaingan Dramatis

Sabtu, 2 Juli 2016 | 21:16 WIB

Austria – Lewis Hamilton akan start dari pole position GP Austria di Red Bull Ring hari Minggu, setelah memenangkan persaingan dramatis mencetak waktu tercepat pada kualifikasi hari Sabtu (2/7).

Ini adalah pole position kelima dalam sembilan balapan musim ini. Posisi kedua ditempati rekan setimnya di Mercedes Nico Rosberg, tetapi Rosberg akan start dari urutan tujuh akibat penalti mundur lima posisi karena ganti girboks.

Otomatis pembalap Force India Nico Hulkenberg yang berada di tempat ketiga, naik ke urutan dua dan menemani Hamilton start dari barisan depan.
mulai Hulkenberg sedang dalam penyelidikan, karena ia tidak memperlambat laju mobilnya saat ada bendera kuning.

Pembalap Ferrari Sebastian Vettel masuk urutan keempat, tetapi juga mendapat penalti mundur lima grid karena ganti girboks. Komdisi ini membuat pembalap McLaren Jenson Button yang ada di peringkat lima, akan start dari posisi tiga.

Kualifikasi periode ketiga (Q3) berlangsung dalam kondisi trek basah dan kemudian mengering menjelang selesai. Para pembalap yang semula menggunakan ban intermediate, beralih ke tipe ban untuk trek kering kompon ultralembut.

Gerimis sudah turun di menit-menit akhir Q2. Pada periode ini, tim Manor menorehkan sejarah untuk pertama kalinya berada di Q2, lewat Pascal Wehrlein yang akhirnya berada di tempat ke-12. Ini merupakan hasil kualifikasi terbaik yang diraih Wehrlein sejauh ini.