Head Unit Besar Manjakan Mata Dan Canggih

andy - Kamis, 20 Oktober 2016 | 23:28 WIB

(andy - )

Kebutuhan akan hiburan yang menyenangkan dengan fasilitas terkini mendorong pabrikan audio melansir head unit dengan monitor berukuran besar. Monitor berukuran di atas 7 inci itu kini sudah diimbuhkan di mobil standar dan juga tersedia produk after marketnya. 

Salah satu yang memakai head unit berukuran 8 inci adalah Toyota All New Kijang Innova tipe Q dan V. Perangkat standarnya sudah dibekali dengan fasilitas Mirror Link, Bluetooth, browser, HDD WiFi, dan GPS. Hartono, instalatur HK Car Audio di Pasar Mobil Kemayoran, Jakarta Pusat mengatakan, “Head unit-nya sudah pakai Pioneer seperti yang ada di pasaran. Sudah relatif bagus lah untuk dapat suara berkualitas.” 

Selain produk standar, tersedia pula head unit aftermarket keluaran AVT yang punya ukuran besar. “Saat ini tersedia untuk All New X-Trail ukuran 10 inci dan All New CR-V 10,2 inci yang pakai fitur Android,” bilang Cherly yang jadi juru bicara importir produk AVT. 

Untuk head unit AVT buat X-Trail memakai Android V.4.4.4 yang memiliki tingkat kecepatan respons di layar sangat tinggi. Sedangkan untuk AVT All New CR-V memakai Android Jelly Bean 4.1 dual-core. “Pemasangan sekitar 40 menit, harga head unit All New X-Trail dan CR-V Rp 7 juta,” ungkap Sherly yang beberapa waktu lalu menjual produknya di ajang GIIAS 2016.  

Berikutnya ada produk Alpine yang  khusus bikin head unit untuk  Toyota Alphard dan Vellfire. Head unit tipe X009E-AV2 adalah bagian dari program Alpine Style, yang punya layar lebar 9 inci LED/WVGA. 

Makanya tak heran kalau head unit ini resolusi gambarnya detail untuk aplikasi nevigasi dan hiburan. Selain itu, mampu membaca format DVD, dilengkapi dengan equalizer, time correction, dan x-over akktif. Berikutnya, ada koneksi kabel HDMI yang bisa bikin head unit terhubung sama gadget terkini. 

Selanjutnya ada head unit Martin Roland yang punya ukuran layar 9 inci untuk Toyota Alphard audioless, versi importir umum. Fitur meliputi GPS, MirrorLink,Bluetooth, GPS,aux 2 line, output 4x25 Watt, surround stereo, serta support resolusi 1080p. Untuk Wi-Fi sifatnya optional. Dilengkapi dengan frame head unit yang tak kalah ciamik ketimbang tipe premium sound. 

Untuk head unit Martin Roland yang didistribusikan oleh gerai audio Dharma Audio, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, dijual satu paket dengan peranti lainnya. Paketnya seharga seharga Rp 22 jutaan, terdiri dari Around View Monitor, head unit Martin Roland, power amplifier, roof monitor 12 inci, subwoofer 8 inci dan 11speaker tambahan. Pemasngan butuh waktu 1 hari. 


Istilah Di Head Unit

Berikut beberapa istilah atau nama fitur yang biasanya dijumpai pada head unit. Fitur-fitur ini menggambarkan kemampuan head unit melakukan berbagai fungsi.