Pilihan HU untuk Kontes Dari Lawas Sampai Modern

Parwata - Jumat, 16 Desember 2016 | 22:33 WIB

(Parwata - )

Jakarta - Menjadi pusat dari ICE, tidak bisa sembarang memilih HU untuk menghasilkan output sesuai yang dihasilkan. Apalagi untuk tujuan yang spesifik, seperti kontes audio misalnya. Lalu, adakah pilihan HU yang sudah dipercaya para instalatur untuk dijagokan dalam kontes audio?

OTOMOTIF bertanya ke beberapa workshop seperti Cartens Autosound di Fatmawati, Dynamics Autosound di Kelapa Gading dan Revealing Sound di Serpong untuk mengumpulkan 5 HU yang telah menjadi andalan para suhu audio dari masa lampau hingga saat ini. Meski memiliki keunggulan yang berbeda-beda, semua dari pilihan HU ini memiliki satu kesamaan, yaitu label harga yang tinggi. Apa saja? • Sano/otomotifnet.com

Alpine F#1 Status

Masuk sebagai salah satu HU legendaris, Alpine F#1 Status ini dibagi menjadi head unit dan prosesor eksternalnya. HU Single-DIN DVI-9990E memiliki papan sirkuit empat lapis dengan S.T.A.R. circuitry untuk menurunkan level impedansi agar noise berkurang, kemudian memisahkan DVD/CD player dengan D/A converter.

Sedangkan DSP PXI-H990 Multimedia Manager, memiliki kapabilitas digital filter 24-bit dengan oversampling 8 kali, untuk memastikan konversi digital ke analog paling maksimum. GIC (Generalized Impedance Converter) LPF juga mengurangi noise jauh lebih baik dibanding versi konvensional.

Clarion HX-D2

Berumur sekitar satu windu, para pecinta audio masih hunting HU Clarion yang satu ini. Sama seperti McIntosh MX5000, player ini dilengkapi teknologi audio sampling DAC 24-bit/96 kHz. HX-D2 juga mengusung DSP (Digital Sound Processor) internal, sehingga punya pengaturan seperti crossover 4-way, 5-band EQ dan 0,7 cm-step digital time alignment.

Pioneer ODR Series

Merupakan kependekan dari Optical Digital Reference system, ODR Series dari Pioneer ini mengeset standar suara berkualitas tinggi serta desain high-end. ODR Series ini berupa player stand alone dengan digital sound processor eksternal. Serinya yang terkenal misalnya ODR RS-D7RII dan ODR MkIII. Bahkan hingga kini, Pioneer selalu menetapkan ODR Series sebagai standar dalam pengembangan head unit selanjutnya, seperti DEX-P99RS.

McIntosh MX5000

Nama brand ini boleh saja mulai memudar di tahun 2016. Namun pada masanya, kelebihan yang membuatnya hingga sekarang masih jadi unit idaman adalah, Dual 24-Bit D/A Converter dan HDCD (High Definition Compatible Digital) dengan 24 Bit 8 Times Over-Sampling Digital Filter. Selain itu, McIntosh MX5000 juga menggunakan terminal emas pada input dan output-nya, untuk ketahanan terhadap korosi yang superior.

Sony RSX-GS9

Merupakan seri terbaru yang mengandalkan kapabilitas untuk memainkan file media high-res seperti FLAC dan DSD. HU yang biasa disebut Sony Hi-Res ini dilengkapi DAC 32-bit untuk memproses audio beresolusi tinggi. Meski tidak dapat memutar CD konvensional, HU ini dapat streaming lagu via Bluetooth tanpa kehilangan kualitas. Sedangkan fitur audio seperti DSEE HX, LPF & HPF, equalizer 10-band dan time alignment.