Wow! Suzuki Ertiga Diesel Diklaim Lebih Irit 50 Persen

Arief Aszhari - Minggu, 18 Desember 2016 | 16:55 WIB

(Arief Aszhari - )

Jakarta - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai agen pemegang merek Suzuki di Tanah Air, siap membawa model diesel pertamanya di Indonesia.

Model yang akan dibawa, tidak lain tidak bukan adalah low MPV andalan pabrikan berlambang huruf S ini, yaitu Suzuki Ertiga Diesel SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki).

Dijelaskan Harold Donnel, 4W Head of Product Development SIS, model ini akan memiliki efisiensi bahan bakar 50 persen lebih tinggi dari model konvensional.

"Tapi tergantung gaya berkendaranya juga. Misalkan, biasanya 1:14, di Suzuki Ertiga Diesel bakal 1:20," jelas Harold, di Sentul, Jawa Barat, (14/12).

Lanjut Harold, hal tersebut mungkin dicapai dengan adanya Integrated Starter Generator (ISG) sebagai otak mesin diesel commonrail tersebut. Ini membutuhkan aki khusus sebesar 12 volt 70 ampere, yang harganya kemungkinan besar lebih mahal dari aki biasa.

"Dengan mesin diesel SHVS ini, kami merekomendasikan solar dengan cetane number 51 (Pertadex)," tambahnya.

Suzuki Ertiga Diesel SHVS ini kemungkinan besar akan hadir awal tahun dengan mesin berkapasitas 1.3 liter dan dipadukan dengan transmisi manual.

Penasaran sama Suzuki Ertiga Diesel SHVS? Kita tunggu tahun depan.(otomotifnet.com)