Toyota C-HR Tertangkap Tes Jalan di Thailand, Segera Jadi Basis ASEAN?

Fransiscus Rosano - Jumat, 20 Januari 2017 | 11:32 WIB

(Fransiscus Rosano - )

Thailand - Sebuah small crossover tertangkap kamera menggunakan kamuflase penuh untuk menutupi wujud aslinya. Namun dengan bentuk yang ‘nyeleneh’, tak terhindarkan untuk langsung tahu bahwa foto di atas adalah Toyota C-HR.

Spy shot berikut didapat dari Headlight Mag, sebuah media dari Thailand, yang mendapati C-HR, adik dari Toyota Rav4 ini sedang berkeliaran di jalan negara Gajah Putih tersebut.

Kemunculannya berlalu-lalang di jalanan Thailand pada Januari 2017 ini memang dinilai terlalu cepat, namun sejalan dengan laporan sebelumnya bahwa negara tersebut akan mulai memproduksi C-HR di tahun 2018.

Indianautosblog pun berpendapat, munculnya Toyota C-HR di Thailand berkemungkinan membuatnya menjadi negara basis produksi hatchback-crossover Toyota tersebut di negara-negara ASEAN dengan setir kanan (RHD-right hand drive). Sementara sebelumnya, dilaporkan juga PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dapat memproduksi C-HR secara lokal.

Toyota C-HR untuk basis ASEAN masih belum ada kepastian soal seri mesin yang dipakai

Bila memang spesifikasi Toyota C-HR khusus pasar ASEAN sedang disiapkan, akan menarik melihat penyesuaian apa saja yang akan dilakukan.

Seperti yang diketahui, Toyota C-HR untuk pasar Eropa dan Jepang menyediakan pesaing Nissan Juke dan Honda HR-V ini dalam dua pilihan mesin, yaitu 8NR-FTS 1,2 liter turbo bertenaga 114 dk dan torsi 185 Nm atau mesin yang sama dengan yang digunakan Prius generasi keempat, yaitu 2ZR-FXE 1,8 liter hybrid dengan tenaga 122 dk.

Oh ya, Toyota C-HR juga jadi brand The Big T kedua yang menggunakan platform modular baru TNGA (Toyota New Global Architecture) setelah Prius generasi keempat.