ICE Audio Honda HR-V, Jakarta – Yogya Demi Live Music!

Parwata - Kamis, 2 Februari 2017 | 11:57 WIB

(Parwata - )

Sudah kenal sejak Yung-yung masih buka praktik di Jakarta awal 2000, kini jarak Jakarta-Yogyakarta rela dijabani demi mendapat suara idaman  

Jakarta - Saat itu, BMW milik Hendra hasil karya Utanto Wibowo turun di kompetisi SQ menggunakan konfigurasi diapolito dan menuai prestasi. Puas dengan hasil dan style setting Yung-yung, sapaan akrab Utanto, Hendra teringat saat ingin membangun sistem audio di Honda HR-V miliknya.

Makanya, walau Yung-yung sudah membawa Elixir, workshop-nya, ke Yogyakarta. Hendra rela bolak-balik Yogya hingga 4 kali. “Saya suka musik yang terasa live,” ungkap Hendra. Kebetulan, itu senada dengan selera Yung-yung, yang langsung memilihkan jajaran perangkat terbaik saat itu.

Speaker yang jadi andalannya adalah seri Dynaudio Esotar2 yang banyak dipuji sebagai speaker dengan distorsi paling kecil saat ini. Midrange dan midbassnya mendapat pujian sebagai yang terbaik saat ini oleh salah satu forum penggemar sound quality di Amerika.

Seperangkat sistem 3-way ditambah subwoofer dari Dynaudio Esotar2 pun ditebus, diikuti pilihan amplifier yang unik. Yakni sepasang Milbert BAM 235 untuk midrange e430 dan tweeter 110, serta Genesis Dual Mono untuk midbass e650.

Milbert BAM 235 adalah amplifier sangat langka karena menggunakan sirkuit tabung secara murni, dari input hingga output-nya. Hal ini hanya ditemui pada home audio high end, yang memang sulit diterapkan pada kelistrikan mobil yang dayanya terbatas.

Meski berdaya kecil, hanya 35 Watt per kanal, namun warna suara dan karakter BAM 235 mampu memberikan nuansa live yang nyata. Apalagi di midrange, yang menjadi penghasil suara vokal serta instrumen musik kebanyakan.

Sumber suaranya ada beberapa pilihan, CD dan DVD ditangani Alpine X008 berlayar lebar, sedangkan file audio Hires via Astell&Kern AK320 serta Iphone 7.

”Untuk hires dari Iphone, mesti langsung ke prosesor via kabel digital. Volume pun diatur oleh Helix Director yang tersambung ke prosesor,” Hasilnya, suara yang tak hanya transparan dan detail, tapi juga dinamis dengan gebukan bas yang presisi dan nyata.

Benar-benar seperti mendengarkan live musik berkualitas! * (Fab/otomotifnet.com)

Head unit

 Head unit Alpine X008 dengan salah satu layar terbesar saat ini. Selain memutar CD audio biasa, juga digunakan untuk DVD.

AstellKern AK320

AstellKern AK320 sebagai sumber utama untuk file audio hires. Perangkat unggulan ini memiliki spesifikasi yang sangat memadai untuk file audio hires. Agar optimal, sambungan ke prosesor pun menggunakan kabel khusus dari Kimber Kable yang berlapis perak.

Amplifier

Amplifier tabung Milbert BAM 235, satu dari sedikit ampli tabung murni untuk car audio saat ini. Suaranya juga istimewa, terutama untuk vokal, gitar dan piano.

Prosesor

Salah satu prosesor tercanggih saat ini, Helix DSP Pro + Director mengatur semua parameter speaker, seperti crossover, delay, hingga equaliser. Sanggup mengolah file hires, serta dilengkapi pengaturan lengkap untuk 10 kanal!

Dynaudio

Dynaudio Esotar2 110 dan 430 nangkring di atas dasbor, menjadi duet istimewa dengan suara yang detail dan dinamis, sangat transparan.