How To Buy Yamaha Nouvo Tahun 2002, Harganya Masih Rp 6 Sampai 8 Jutaan!

Parwata - Kamis, 2 Maret 2017 | 19:31 WIB

(Parwata - )

Jakarta - Butuh skutik keren buat bahan modifikasi? Kenapa tidak coba pilih Yamaha Nouvo tahun 2002. Walaupun berpredikat lawas, tapi skutik Yamaha yang sering dipanggil Nouvo ‘lele’ ini masih diincar oleh banyak peminatnya.

Salah satu alasannya adalah desain bodi yang unik untuk skutik keluaran 15 tahun yang lalu. Desain ini masih digandrungi karena tidak termakan waktu, apalagi jika diberi sedikit sentuhan modifikasi.

Bukan hanya pada bodi, banyak yang melihat kalau mesin berkapasitas 115 cc serta transmisi CVT yang digendong Nouvo ini memilki banyak potensi. Jadi tidak heran kalau motor ini banyak yang terlihat standar, tapi langsung melejit ketika handgrip kanan diputar.

Tapi, di atas semua poin plus tersebut, Anda perlu ingat kalau skutik ini sudah berusia uzur. Jadi masih ada potensi  besar kantong terkuras untuk merapihkan si ‘lele’ sebelum dimodifikasi.

“Penyakit umum pada Yamaha Nouvo keluaran tahun ini antara lain di puli belakang dan mangkok kopling ganda untuk bagian CVT-nya,” jelas Toni, owner dari bengkel yang gape masalah seputar Yamaha Nouvo, Toni Jaya Motor.

Sedangkan untuk bagian mesin, Toni mengingatkan untuk waspada kondisi karburator, khususnya pada skep dan karet vakum, “Jika karburator masih orisinal bawaan, skep biasanya sudah baret dan karet vakum getas bahkan robek.

Salah satu gejalanya kalau tarikan motor terasa berat,” tambah Toni. Dari penjelasan tersebut, ada baiknya jika Anda fokuskan hunting pada unit seken yang benar-benar dirawat oleh pemilik sebelumnya. Maklum, beberapa  komponen orisinal Nouvo ‘lele’ harganya cukup mahal.

Masalah harga,  nilai pasaran skutik ini sangat dipengaruhi oleh kondisi unit sekennya. Jika kondisi dirasa kurang layak, tentu harga pasarannya jatuh. Sebaliknya, jika kondisi unit sangat terjaga dan banyak komponen orisinal pabrik, harganya meroket, bisa di atas Rp 10 juta.

Tim OTOBURSA menyarankan untuk mencari Yamaha Nouvo’lele’ yang ada di kisaran harga Rp 6 juta hingga Rp 8 juta, dimana dalam range harga tersebut, perbandingan harga dan kualitas unit bisa dibilang sebanding. (Bob / Otomotifnet.com)

Spesifikasi Singkat
Kapasitas Mesin: 115 cc
Konfigurasi Mesin: 1 silinder, 2 klep SOHC
Transmisi: CVT

Kelebihan :
1. Mudah di modifikasi
2. Desain tampilan
3. Kapasitas bagasi besar

Kekurangan :
1. Spare parts orisinal relatif mahal
2. Banyak terpasang komponen non-orisinil
3. Sulit ditemui unit dengan kondisi full standar

Menakar Biaya Servis
Setelah menebus motor, sebaiknya Anda langsung melakukan servis besar mesin dan CVT di bengkel spesialis Yamaha Nouvo.   Pastikan hal-hal yang disebutkan oleh Toni di atas dicek kondisi kelayakannya. Untuk biaya servis, Anda perlu merogoh kocek sebesar Rp 100 ribu untuk servis karburator dan CVT.

Sedangkan jika Anda membutuhkan servis besar mesin, persiapkan kocek Rp 250 ribu. Perlu diingat, harga tersebut bisa saja berbeda dengan harga yang ditetapkan di bengkel-bengkel lain.

Harga Komponen:
V-Belt : Rp 80.000
Per CVT: Rp 103000
Krburator : Rp 1227.000
Filter udara : Rp 44.000
Piston : Rp 65.000
Blok mesin: Rp 221.000
Sumber:  Toni Jaya Racing, Jl. Padang No. 17, Minang Kabau, Jaksel, Telp.08176006033.