Mau Mazda CX-8? Maaf, Untuk Jepang Saja!

Fransiscus Rosano - Kamis, 11 Mei 2017 | 19:05 WIB

(Fransiscus Rosano - )

Jepang - Akhir bulan April 2017 silam, Mazda mengeluarkan sebuah foto teaser yang menunjukkan interior mobilnya dengan tiga baris jok berkonfigurasi 6-seater.

Disebutkan dari teaser-nya tersebut, bahwa SUV 6-seater barunya itu akan disebut Mazda CX-8 dan juga akan hadir dalam konfigurasi 7-seater. Sementara itu, CX-8 juga akan menjadi model SUV Mazda pertama yang dijual di Jepang dan memiliki 7-seater (CX-9 tidak dijual di Jepang) dan akan menjadi varian flagship-nya.

Tertarik dengan Mazda CX-8 ini? 

Sayangnya, berita terbaru mengabarkan bahwa SUV premium Mazda dengan desain KODO-Soul of Motion ini hanya untuk pasar Jepang saja.

Laporan ini datang dari CarAdvice, yang menyebutkan perwakilan dari Mazda Austrailia, Vinesh Bhindi, menyatakan bahwa CX-8 tidak akan masuk ke Australia karena hanya diproduksi untuk pasar Jepang saja.

“CX-8 hanya diproduksi di Jepang untuk pasar Jepang saja, seperti CX-4 yang hanya untuk masyarakat Tiongkok saja,” tutur Managing Director Mazda Australia tersebut.

Sementara itu, pernyataan resmi Mazda yang segera meluncurkan CX-8 dengan 7-seater ini membuat rumor soal hadirnya CX-5 dengan 7-seater justru memudar.

Mazda CX-8 memiliki dimensi panjang 4.900 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.730 mm dan wheelbase 2.930 mm yang sama dengan CX-9. Sementara untuk mesinnya, Mazda CX-8 akan mengandalkan unit diesel Skyactiv-D 2.2 new generation clean diesel yang dipasangkan ke transmisi otomatis 6-percepatan.