Selain Di Pulau Jawa, Ada Tol Instagenic Di Sulawesi Utara

Harryt MR - Senin, 24 Desember 2018 | 10:24 WIB

Tol Trans Sulawesi (Harryt MR - )

Otomotifnet.com - Selain di pulau Jawa yang heboh, ada tol dengan pemandangan indah di Sulawesi.

Persisnya di ruas tol Manado-Bitung yang jadi bagian tol Trans Sulawesi.

Di sini, pemandangan alamnya sangat instagenic.

Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1B dan 2A akan beroperasi secara fungsional mulai 24 Desember 2018, guna mendukung arus mudik balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019.

Jalan Tol Manado-Bitung Seksi 1B dan 2A terbentang dari Airmadidi hingga Danowudu sepanjang 14,5 kilometer.

Merupakan jalan tol pertama di Sulawesi Utara. Jalan tol ini dikelola oleh kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk., yakni PT Jasamarga Manado Bitung (JMB).

“Beroperasinya jalan tol ini secara fungsional juga dalam rangka sosialisasi kepada masyarakat mengenai keberadaan Jalan Tol Manado-Bitung sebagai jalan tol pertama di Sulawesi Utara,” papar George IMP Manurung, Direktur Utama PT JMB.

Baca Juga : Trik Jasa Marga Bikin Lancar Kepadatan Di Gerbang Tol, Jitu!

George menambahkan, beroperasinya Jalan Tol Manado-Bitung secara fungsional, diperuntukkan hanya untuk kendaraan kecil saja.

Mulai berlaku sejak tanggal 24 Desember 2018–1 Januari 2019 untuk arah Manado ke Bitung.

Sementara itu, untuk arah Bitung ke Manado berlaku sejak tanggal 2 Januari–5 Januari 2019. Adapun pemberlakuan jam operasional untuk jalan tol fungsional tersebut yaitu mulai pukul 07.00-17.00 WIT.

“Sebagian masyarakat Manado dan sekitarnya biasanya berlibur ke luar kota untuk merayakan Natal dan Tahun Baru. Setelah tahun baru, mereka kembali ke kota asal,” ungkapnya, melalui siaran pers yang diterima OTOMOTIF (23/12).

Beroperasinya Jalan Tol Manado-Bitung 1B dan Seksi 2A dapat mempersingkat waktu tempuh antara Manado dan Bitung serta sebaliknya bila dibandingkan dengan menggunakan jalan arteri atau non tol.

“Pada jalur normal, waktu tempuh bisa antara 45–60 menit. Tapi, kalau melalui Jalan Tol Manado-Bitung hanya memakan waktu 25–30 menit,” kata George.

Jasa Marga
Tol Manado- Bitung di Sulawesi Utara