Qooder Suspensinya Enggak Pakai Per, Andalkan Angin dan Oli, Malah Bikin Stabil

Fariz Ibrahim - Sabtu, 14 Desember 2019 | 07:45 WIB

Keempat rodanya bekerja secara independen (Fariz Ibrahim - )

Otomotifnet.com - Salah satu yang diunggulkan oleh Qooder adalah tingkat kestabilan yang tinggi, tentu saja berkat 4 buah roda 14 inci yang terpasang.

Lebih dari itu, Qooder juga memiliki teknologi yang sudah dipatenkan diberi nama HTS (Hydraulic Tilting System) untuk mengawal keempat buah rodanya.

“Keempat rodanya ini agar bisa berjalan selaras perlu ada HTS. Selain itu keempat rodanya berjalan secara independen sesuai medan yang dilewati. Teknologi ini pun sudah dipatenkan oleh pihak Qooder di Swiss,” ujar Budi Kurniawan, Sales & Marketing Director PT. GForce Republic.

Uniknya suspensi yang sudah dipatenkan ini ternyata tidak menggunakan per seperti sepeda motor lainnya, kerjanya digantikan dengan oli dan udara.

Fariz
Tiap tabung memiliki valve untuk atur air pressure nya

“Kalau suspensi biasa terdapat setelan preload, rebound, dan compression. Kalau ini dari air pressure aja, tiap suspensi ada valve jadi bisa dipompa,” sahut Osbert Lontoh, Finance Director, PT. GForce Republic.

Ini cukup memudahkan pengendara nantinya, karena untuk setting gak perlu kunci khusus.

“Hanya setel pressure saja. Ada 1 tube high pressure di tengah setelan pabriknya 100 psi. Lalu 2 tube yang nempel di roda itu low pressure. Nantinya ini disetel sesuai dengan bobot pengendara,” jelas Ossy sapaannya.

Kelebihan HTS yang tidak menggunakan per ini tentunya memberikan kestabilan lebih.

Fariz
Tiap tabung memiliki valve untuk atur air pressure nya

“Jadi saat kena jalan rusak redamannya sangat stabil. Karena gak ada impact balik saat melewati jalan rusak seperti suspensi yang menggunakan per,” rinci Ossy.