All New NMAX Tenaga Diadu Dengan Versi Lawas, Power Lebih Besar?

Fariz Ibrahim - Sabtu, 2 Mei 2020 | 19:30 WIB

All New Yamaha NMAX diukur tenaganya di atas mesin dyno Mainline milik Farm Tuning (Fariz Ibrahim - )

Otomotifnet.com – Pada artikel sebelumnya, sudah dibahas berapa tenaga maksimal yang bisa dihasilkan oleh All New Yamaha NMAX di atas mesin dyno Mainline Dynolog milik Farm Tuning.

Sudah dijelaskan juga mengapa ada perbedaan tenaga antara klaim pabrikan dengan dyno umum di bengkel biasa.

Itu karena saat tenaga diukur dari roda, ada kehilangan tenaga di kopling, gesekan ban dan sebagainya dibanding klaim pabrik yang diukur dari crankshaft.

All New NMAX sendiri mendapatkan update di sektor mesin seperti menggunakan piston R15 yang kepala pistonnya sedikit lebih tinggi, membuat perbandingan kompresinya menjadi 11,6:1.

 Baca Juga: All New Yamaha NMAX Digeber di Dyno, Tenaga Lebih Kecil dari Klaim?

Di area kepala silinder diameter kedua klep masuknya menjadi 20,5 mm atau lebih besar 1 mm dibanding NMAX generasi sebelumnya, begitu juga dengan diameter boks filter udara yang lebih besar.

Tercatat di atas mesin dyno milik Farm Tuning All New NMAX memiliki tenaga maksimal 9,35 dk pada 6.643 rpm dengan torsi 10,1 Nm di 6.583 rpm.

Sedangkan di mesin dyno yang sama, NMAX generasi sebelumnya memiliki tenaga maksimal 9,32 dk di 6.698 rpm dan torsi 9,9 Nm di 6.698 rpm.

Farm Tuning
Perbandingan data dyno All New NMAX dengan versi sebelumnya, tenaga selisih sedikit, karakter tenaga jauh berbeda

Terdapat selisih tenaga yang tipis hanya 0,03 dk dan selisih torsi 0,2 Nm pada keduanya.

“Kalau lihat karakter tenaga keduanya ini beda banget. NMAX baru agak mengayun di putaran rendah habis itu baru melonjak naik, tapi jika dilihat nafasnya jadi lebih pendek."

“Kalau NMAX versi sebelumnya tenaga lebih flat tapi terus mengisi, jadi nafasnya lebih panjang,” sebut Muhammad Saiful Bahri dari Farm Tuning yang ada di Jl. Pertanian I No. 88B, Lebak Bulus, Jaksel.

Ternyata karakter tenaganya memang berbeda sobh...

Farm Tuning 0856-9748-2802