Panel Bodi Bahan Carbon Fiber dan Kevlar Beda, Detail Warna Sampai Bahan Bisa Dilihat

Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - Sabtu, 25 Juli 2020 | 17:36 WIB

Ilustrasi carbon kevlar (Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Masih banyak yang tidak tahu kalau panel bodi motor antara bahan carbon fiber dan carbon kevlar jelas berbeda.

Meskipun mirip secara nama dan tampilannya, carbon fiber dan carbon kevlar punya jenis bahan yang berbeda.

“Carbon fiber ini hanya terdiri dari bahan carbon, sedangkan carbon kevlar ini kombinasi antara bahan carbon dan aramid fiber,” terang Christopher Nicolas, produsen panel carbon merek Vulkan dari Prestige Carbon, Kedoya, Jakarta Barat.

Jika diperhatikan lebih lanjut, perbedaan unsur kimia yang dipakai membuat tampilan fisik serta karakter kedua jenis carbon tersebut juga berbeda.

Baca Juga: Honda ADV150 Makin Mewah, Tanam Part Carbon, Dari Sepatbor Sampai Hugger

Farhan
Ilustrasi bahan carbon fiber mentah


“Carbon fiber warnanya hitam abu-abu pekat, sedangkan carbon kevlar ini ada tambahan warna kuning keemasan,” jelasnya.

Secara karakter, carbon fiber punya sifat kuat, kaku dan ringan dan carbon kevlar punya karakter carbon fiber namun dengan tambahan tahan panas.

Farhan
Ilustrasi bahan carbon kevlar mentah


“Keduanya memang banyak diterapkan di dunia motorsport, namun kebanyakan pakai carbon fiber biasa karena secara price to performance ratio sudah ideal,” yakin Chris.

Karena fungsinya lebih ke fashion atau tampilan, produsen panel carbon juga pakai bahan carbon fiber agar harga produk tetap terjangkau.

“Carbon kevlar lebih umum dipakai sebagai rompi anti peluru atau pelapis kolong mobil rally karena tahan panas dan kuat terkena benturan,” lengkapnya kemudian.