Lagi Tren motor Matik Pakai Kampas Ganda CVT Warna-warni, Ini Asal Muasalnya

Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - Senin, 23 November 2020 | 19:50 WIB

Ilustrasi mangkok ganda CVT berwarna merah (Muhammad Farhan,Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Sedang ramai penggunaan mangkuk ganda transmisi CVT motor matik karena dicat, ternyata ini maksudnya. 

“Sebenarnya tren ini asalnya dari motor matik drag race, karena kebanyakan boks CVT nya juga sudah dipotong dan terbuka sehingga terlihat bagian dalamnya dari luar,” buka Griyan Kedia, owner bengkel 126 Project di Depok, Jawa Barat.

Karena bagian dalamnya terlihat, pewarnaan di mangkuk ganda tersebut tujuannya supaya tampil beda dan menarik perhatian.

Meski begitu, banyak pengguna matik meniru hal tersebut bahkan mangkok ganda yang dicat juga ditawarkan oleh beberapa produsen part aftermarket.

Baca Juga: Kipas Pendingin Motor Matik Rusak Suka Mengecoh, Gejala Mirip Setang Piston Oblak

“Untuk pengaruhnya enggak ada. Meskipun sedikit menambah bobot karena cat, mangkuk ganda yang dicat ini biasanya juga sudah dilubangi supaya enteng,” jelasnya.

Jika bagian yang dicat hanya bagian luar memang enggak ada pengaruhnya, kemudian bagaimana kalau bagian dalam mangkuk ganda ikut dicat?

“Nah kalau bagian yang bersentuhan dengan kampas ganda ikut dicat, efeknya tarikan motor bakal terasa berat walau mangkuk sudah dilubangi,” lengkap Griyan.

Namun enggak perlu khawatir, sebab hal itu hanya sementara dan bakal kembali normal seiring pemakaian setelah permukaan cat terkikis kampas ganda.