Ratusan Anggota RX-King di Tanah Datar Dibubarkan Aparat, Pertemuan Disebut Langgar Aturan

Ignatius Ferdian - Senin, 4 Januari 2021 | 16:30 WIB

Ratusan pengendara RX-King dibubarkan paksa setelah akan mengedakan pertemuan (Ignatius Ferdian - )

Otomotifnet.com - Ratusan Yamaha RX-King yang mengadakan pertemuan di kawasan objek wisata Aua Sarumpun, Nagari III Koto, Rambatan, Tanah Datar, Sumatera Barat (2/1/2021), dibubarkan oleh tim yustisi Tanah Datar.

Pertemuan tersebut rencananya dihadiri 800 bikers Yamaha RX-King dari Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jambi, Riau, dan Jawa Tengah dengan puncak acara pada Sabtu malam.

Namun, sebelum puncak acara digelar, tim yustisi yang terdiri dari Satpol PP, TNI, Polri, dan Dinas Pariwisata membubarkan pertemuan itu pada Sabtu sore.

"Kami bubarkan karena melanggar Surat Edaran Gubernur Sumbar dan Bupati Tanah Datar soal penutupan objek wisata 31 Desember 2020 hingga 3 Januari 2021," kata Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Tanah Datar Yusnen (3/1/2020).

Baca Juga: RX King Tumbuk Vario Dari Belakang, Pemotor 18 Tahun Tewas Terkapar, Alami Pendarahan

Menurut Yusnen, objek wisata Aua Sarumpun harusnya ditutup sesuai surat edaran tersebut, tetapi ternyata pengelola masih bandel dengan tetap membuka objek wisata itu.

Yusnen mengatakan, pihaknya awalnya sudah meminta para peserta membubarkan diri, tetapi anggota komunitas RX-King itu malah semakin banyak yang datang.

"Kami sudah minta untuk membubarkan diri sekitar pukul 17.00 WIB, namun mereka semakin banyak yang datang sehingga dilakukan pembubaran," tutur Yusnen.

Selain membubarkan kerumunan massa dalam pertemuan Komunitas RX-King di objek wisata Puncak Aua Sarumpun, tim yustisi juga menyisir pelaku usaha dan pengunjung rumah makan di sepanjang jalur Sijangek-Sungai Tarab.

“Sejumlah rumah makan masih menerima pelanggan makan di tempat, kami beri sanksi teguran,” kata Yusnen.

Sumber: https://regional.kompas.com/read/2021/01/03/21042361/pertemuan-komunitas-800-pengendara-rx-king-di-tanah-datar-sumbar-dibubarkan