Jalan Bekasi Cakung Gelap Gulita, Ulah Maling Kabel Bawah Tanah

Ferdian - Sabtu, 14 Januari 2023 | 16:20 WIB

Jala Raya Bekasi Cakung gelap gulita, bukan error tapi ulah maling kabel bawah tanah (Ferdian - )

Otomotifnet.com - Sepanjang jalan raya Bekasi gelap gulita ulah orang tak bertanggung jawab.

Penerangan jalan umum (PJU) di Jalan Raya Bekasi, Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur bahkan tak berfungsi selama satu bulan terakhir.

Camat Cakung Fajar Eko Satrio mengatakan PJU di sepanjang Jalan Raya Bekasi tersebut tak berfungsi karena instalasi kabel bawah tanah yang terpasang pada PJU dicuri.

"Kabel-kabel dicuri, yang dicuri bukan kabel saja tapi semuanya. Sudah kami laporkan ke Dinas Bina Marga untuk tindak lanjutnya," kata Fajar saat dikonfirmasi di Jakarta Timur (14/1/2023).

Akibat pencurian instalasi kabel tersebut Jalan Raya Bekasi kini gelap gulita, bahkan pengendara yang melintas di lokasi hanya dapat mengandalkan penerangan dari kendaraan mereka.

Berdasar aduan pada aplikasi Jakarta Kini (Jaki) dengan nomor JK2301130026 yang dilaporkan pada Jumat (13/1/2023), warga mengeluhkan tidak berfungsinya PJU karena membahayakan pengendara.

"Kondisi ini sudah terjadi sejak lama tapi memang belum ada penerangan sampai sekarang. Membahayakan pengguna jalan yang melintas saat malam hari," tulis pelapor dalam aduan.

Pasalnya kontur Jalan Raya Bekasi tidak rata, sehingga pengendara butuh penerangan selain lampu kendaraan untuk menghindari lubang dan pembatas jalan agar tidak terjadi kecelakaan.

Selain PJU tidak berfungsi, kondisi Jalan Raya Bekasi yang berada di bawah kolong tol Kelapa Gading-Pulogebang juga mengakibatkan kondisi jalan semakin gelap gulita.

"Agar pengguna jalan lebih aman mohon dilakukan tindakan. Diberikan penerangan yang layak. Mohon petugas untuk melakukan pengecekan dan juga tindakan yang diperlukan," tulis pelapor.

Awak media sudah berupaya mengadukan aduan warga di Jaki tersebut kepada Kepala Dinas Bina Marga DKI Jakarta, Hari Nugroho dan Kepala Sudin Bina Marga Jakarta Timur Benhard Hutajulu.

Tapi hingga berita ditulis dua Hari dan Benhard urung menanggapi aduan warga pada aplikasi Jaki terkait tidak berfungsinya PJU di sepanjang Jalan Raya Bekasi, Kecamatan Cakung.

Baca Juga: Jalan 10 Meter Tepergok Pemilik, Maling Toyota Yaris Pasrah, Korban Lebih Beringas

Sumber: https://jakarta.tribunnews.com/2023/01/14/kabel-penerangan-jalan-dicuri-jalan-raya-bekasi-cakung-gelap-gulita-kasudin-bina-marga-bungkam