Dialog OTOMOTIF, Kenapa Mobil WRC Kembali Pakai Tuas Persneling?

Andhika Arthawijaya - Jumat, 25 Oktober 2024 | 20:10 WIB

Ott Tanak jadi juara di WRC Estonia 2020 (04-06/09/2020). (Andhika Arthawijaya - )

Otomotifnet.com - Mohon info. Sekarang mobil WRC kembali pakai handle/tuas persneling untuk mindah gigi sequential gearbox.

Dulu cukup pakai handle di sebelah kanan setir. Apakah regulasi baru?

Enakkan pakai shift yang di setir. Matur nuwun!

Sumardi, Jogjakarta - Via Email

Hai Mas Sumardi. Benar, sejak regulasi baru tahun 2022 dari mobil World Rally Car (WRC) ke Rally1, salah satu aturannya yaitu harus kembali lagi menggunakan stik atau tuas persneling.

Aturan tersebut tujuannya selain untuk mengurangi cost, juga agar speed kendaraan juga tidak terlalu cepat, sehingga gap-nya dengan kelas Rally2 tidak terpaut terlalu jauh.

Baca Juga: Konsultasi OTOMOTIF, Apa Efek Mesin Mobil Pakai Oli Terlalu Kental?

Sebab, penggunaan tuas tersebut otomatis membuat proses pergantian giginya jadi lebih lambat dibanding pakai paddle shift.

Selain itu, jumlah giginya juga dikurangi dari 6-speed jadi 5-speed saja, sama seperti Rally2.

Memang benar, penggunaan paddle shift dari segi kecepatan memindahkan gigi transmisi, jauh lebih cepat dibanding pakai tuas transmisi.

Namun dari segi biaya untuk membangun sebuah mobil Rally1, jadi lebih mahal.

Dengan kata lain, perubahan regulasi tersebut bertujuan agar biaya untuk ikut dalam kejuaraan tersebut tidak terlalu mahal.

Bagi pembaca OTOMOTIF yang mempunyai saran, opini, harapan, keluh-kesah, silahkan kirim ke email otomotif@gridnetwork.id. Caranya :OTOMAIL (spasi) Nama Lengkap (spasi) jenis kelamin (spasi) Alamat (spasi) Pertanyaan