Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Orang Tua Harus Mampu Melarang Anaknya Mengendarai Motor!

billy - Kamis, 22 Agustus 2013 | 13:07 WIB
No caption
No credit
No caption


Saat ini, pemandangan anak-anak di bawah umur mengendarai motor cukup mudah dilihat, terutama di pemukiman penduduk. Perilaku melanggar aturan itu masih ditambah pula dengan kebiasaan tidak mengenakan perangkat keselamatan berkendara, plus berboncengan lebih dari dua orang.

Sejumlah alasan seperti mengendarai hanya untuk jarak dekat, tidak ada polisi yang berpatroli, lebih cepat ke tujuan, atau hanya alasan kebanggan karena anak lain juga mengendarai motor, menjadi pembenaran bagi anak untuk mengendarai motor. Padahal selain melanggar aturan, sepeda motor juga tidak dirancang untuk fisik anak.

Lalu, benarkah perilaku itu menjadi kesalahan mutlak sang anak? “Sejatinya, ini adalah kesalahan orang tua yang membiarkan anaknya mengendarai motor. Perilaku itu akan menumbuhkan mentalitas melanggar aturan pada anak, jangka panjangnya perilaku melanggar aturan itu dapat terbawa hingga si anak dewasa kelak,” kata Maulana Syuhada, salah satu penggagas kampanye Cegah Anak Mengendarai Motor (CAMOT).

Karena itu, melalui kampanye CAMOT yang dilakukan di media sosial seperti Facebook, pemukiman penduduk, sekolah, dan tempat ibadah, Maulana bersama rekan-rekannya berharap para orang tua dapat menyadari bahwa perbuatan anaknya adalah melanggar hukum, dan berbahaya tidak hanya bagi diri sang anak, tapi juga pengguna jalan lainnya.

“Melalui kampanye ini, kami berharap para orangtua dapat mengedukasi anaknya untuk tidak mengendarai sepeda motor. Karena bagaimanapun penegakan hukum bukan tanggung jawab aparat semata, tapi kita semua. Yang lebih besar, adalah menjaga keselamatan anak itu sendiri,” tutup Maulana.  (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa