Musim Hujan, Kenali Beda Ukuran Wiper Kiri dan Kanan

Jumat, 1 Januari 2016 | 18:12 WIB

Kenali Ukuran Wiper Kiri Kanan Beda

Jakarta - Memasuki musim hujan ini, wiper merupakan salah satu komponen yang wajib diperhatikan karena berpengaruh terhadap keselamatan. Bayangkan saja mengemudi saat hujan, ternyata kondisi wiper sudah jelek. Pasti malah bikin pandangan ke depan enggak jelas kan.

Merawat komponen tersebut enggak susah. “Namun perlu dilihat secara teliti agar mengetahui keadaan karetnya,” ujar Agus, mekanik Shop and Go di Cinere, Jaksel. Indikasi bahwa karet wiper harus diganti dapat dilihat dari permukaan karet yang sudah tipis dan getas. Kalau terlewat, lihat saja hasil sapuan wiper pas hujan. Apabila ada garis-garis air yang tertinggal di kaca, bisa jadi indikasi awal wiper mesti diganti.

Zaman sekarang, wiper mudah dibeli baik di toko aksesori atau bengkel resmi. "Kalau pilih ukuran yang lebih besar salah satu, nanti saling tabrakan ketika beroperasi. Kalau lebih kecil jadi banyak air yang tidak tersapu," ujar Chandra, pemilik gerai Karunia Agung Motor di Pasar Mobil Kemayoran, Jakut.

Sebagai contoh All New Toyota Avanza ukurannya berbeda, yakni 20 inci untuk sisi kanan dan 16 inci untuk kiri, sedangkan Honda Freed berukuran 26 inci dan 14 inci. Jadi perhatikan ukuran wiper sebelum menggantinya. • (otomotifnet.com)

Beberapa tipe wiper yang bisa diaplikasi, ada tipe frameless, hybrid dan wiper blade

Tabel Referensi ukuran wiper pada beberapa mobil yang banyak beredar di Indonesia (dalam inci):

Daihatsu

-Ayla 20/14, -Sirion 22/17, -Terios 21/18, -Xenia 21/14 , -All New / Great New Xenia 20/16, -Gran Max 20/16. -Luxio 19/19

Untuk pemasangannya enggak susah, tinggal buka pengait wiper di besi penggerak lalu ganti dengan yang baru

Datsun

-Go Panca / Go+ Panca 23

Editor : Otomotifnet

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA