Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Perkenalan Produk Cairan Pelindung Tahan Air, Bikin Aman Komponen Kelistrikan

Parwata - Kamis, 14 Juli 2016 | 08:14 WIB

Jakarta - Melindungi part-part dari karat sekaligus membersihkan terminal, memang selalu jadi tugas dari cairan pembersih. Namun bagaimana kalau part yang dimaksud justru terlibat langsung dengan komponen kelistrikan? Ya, sesuai sifat konduktivitas air, tentu bisa membuat short circuit hingga korslet.

Enaknya, kini ada cairan pembersih yang dapat tetap melakukan tugasnya, sekaligus aman dari korlseting. Disebut Multicare dari NTC, cairan penetran 250 ml ini berfungsi untuk membersihkan, melubrikasi dan memproteksi sebuah komponen, namun juga memberi proteksi terhadap kelistrikan, tanpa mengkonduksi listrik tersebut dengan tingkat dielektrik yang tinggi.

Wealthy juga memiliki cairan yang sama yang disebut Magic Spray 9 in 1. Sama dengan NTC Multicare, cairan berisi 300 ml sebotol ini juga berfungsi untuk melumasi, mencegah korosi, memperpanjang umur mesin, hingga membersihkan berbagai macam bagian yang juga memiliki kelebihan mencegah korseting ketika ada air masuk ke dalam kontak.
    
Oh iya, harga yang ditawarkan juga terjangkau, mengingat ragam kelebihan yang ditawarkan. Untuk NTC Multicare, dibanderol Rp 45 ribu per botolnya. Sedangkan Wealthy Magic Spray 9 in 1 dijual seharga Rp 125 ribu. Kalau dibawa sepanjang perjalanan libur Lebaran nanti, pasti praktis nih kalau ada apa-apa di jalan.

Berikut demo perlindungan yang diberikan cairan ini terhadap komponen kelistrikan:  

1. Mensimulasikan perlindungan terhadap headlight yang kerap terjadi kebocoran dan kemasukan air, uji coba yang menyerupai adalah dilakukan terhadap sebuah bohlam yang akan dicelupkan ke air.

“Karena cairan Multicare ini menggunakan nanoteknologi, maka disemprot ke komponen kelistrikan akan melindungi setiap partikelnya sehingga akan terlindungi dari korslet,” terang Johannes Chandra, Director NTC atau NanoTech Chemical.

2. Bagian ujung kabel serta terminal-terminalnya disemprot, untuk mensimulasikan bagian kabel pada headlights dan melindungi komponen yang paling rentan dari short circuit ini.

3. Bagian konduktor dari lampu juga perlu disemprotkan cairan ini secara merata, sehingga terlindungi dari berbagai hal seperti korosi dan karat, hingga mencegah masuknya air dan membuat terjadi korsleting

4. Setelah selesai, bohlam dialiri listrik dan terlihat menyala dengan aman. Untuk mengetesnya lebih jauh, kabel dan lampu yang masih dalam keadaan menyala tersebut dimasukkan ke dalam air dan terlihat lampu tetap menyala, dimana jelas short circuit akan langsung terjadi bila lampu tidak dilindungi oleh cairan ini.

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa