Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jangan Asal Menolong Korban Kecelakaan, Bisa Fatal Sampai Dipenjara

Taufan Rizaldy Putra - Sabtu, 16 Desember 2017 | 11:10 WIB
Kecelakaan lalu lintas
Regional Kompas
Kecelakaan lalu lintas

Otomotifnet.com - Sudah menjadi hakikat manusia sebagai makhluk sosial untuk menolong sesama saat terjadi musibah, contohnya adalah saat ada kecelakaan lalu lintas.

Namun apa jadinya bila keinginan menolong itu tidak diimbangi pengetahuan atau teknik pertolongan pertama yang baik buat korban kecelakaan?

Pegiat safety driving sekaligus Training Director dari Jakarta Defensive Driving Consulting ( JDDC) Jusri Pulubuhu, menyampaikan, berdasarkan data statistik, diketahui bahwa penyelamatan pertama pada kecelakaan justru bisa memperparah keadaan korban.

Masalahnya, pertolongan pertama bagi korban kecelakaan dilakukan oleh orang-orang yang tidak kompeten.

(BACA JUGA: Iwan Fals Duta Mitsubishi Fuso, Lagu Buat Sopir Truk Akan Tercipta)

Padahal, untuk menangani korban kecelakaan harus sangat hati-hati. Misalnya, mungkin saja pada korban yang mengalami kecelakaan itu terdapat luka dalam, meskipun tidak nampak dari luar tubuhnya.

"Berdasarkan statistik, di negara berkembang atau negara miskin banyak korban kecelakaan semakin parah keadaanya atau bahkan mati, itu terjadi pada saat pertolongan pertama. Kesimpulannya, banyak orang yang melakukan pertolongan tapi tidak paham caranya menangani," kata Jusri.

Di beberapa negara lain, khususnya negara-negara maju, orang-orang yang berada di sekitar lokasi kejadian tidak langsung memberikan pertolongan pada korban kecelakaan.

Sebab jika salah dalam penanganan, maka orang tersebut berpotensi berurusan dengan hukum.

Oleh karena itu, biasanya yang dilakukan orang-orang di negara tersebut adalah segera menghubungi pihak terkait, misalnya, kepolisian atau rumah sakit wilayah setempat.

(BACA JUGA: Wow! Honda Civic Estilo Di Tahun 1993 Lebih Murah Dari Yamaha XMAX)

"Kalau di luar negeri ketika terjadi kecelakaan justru orang tidak melakukan pertolongan pertama karena takut berurusan dengan hukum, karena korban bisa makin parah keadaannya, bahkan menyebabkan kematian," kata Jusri.

Menurut Jusri, lantaran angka kecelakaan di Indonesia cukup tinggi, maka para pihak terkait sedianya membekali masyarakat dengan pelatihan penanganan pertama pada korban kecelakaan. Sehingga, ketika terjadi kecelakaan, masyarakat tahu bagaimana menanganinya.

Editor : Taufan Rizaldy Putra
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa