Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rem ABS Motor Baru Bermasalah Kalau Ada Penyebab Berikut Ini, Selebihnya Kayak Non ABS

Parwata - Rabu, 4 April 2018 | 09:30 WIB
Traction control dan rem ABS ada pada TMAX DX
YIMM
Traction control dan rem ABS ada pada TMAX DX

Otomotifnet.com - Sistem Anti-lock Braking System (ABS) berfungsi meminimalisasi gejala roda motor terkunci saat hard braking.

Layaknya komponen lain pada motor, sistem ABS juga bisa tidak berfungsi maksimal ketika part-nya mengalami masalah atau kerusakan.

Dijelaskan M. Abidin, selaku GM After Sales Service & Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), perangkat ABS pada motor, bisa tidak bekerja jika mengalami beberapa masalah berikut ini.

"Seperti misalnya, rotor pada speed sensor bengkok atau kotor. Atau ketika speed sensor-nya rusak," kata pria yang akrab disapa Abidin ini.

(BACA JUGA: Muka Standar, Belakang Cetar, Yamaha NMAX Ini Enak Dilihat Dari Samping)

Hal senada juga diungkapkan Dadan, dari Divisi Teknik PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

"Pada dasarnya sama dengan komponen elektrikal lain di motor, karena ABS didukung beberapa sensor. Jika sensor-sensor ini bermasalah, akan berpengaruh ke kinerja ABS," ujar Dadan.

Selain faktor tersebut, beberapa faktor lain seperti kurangnya minyak rem (bisa bikin rem masuk angin) dan unit ABS hydraulic bermasalah, juga bisa bikin sistem ABS tidak berfungsi normal lho.

Lalu bagaimana ketika kampas rem yang habis?

"Tidak akan banyak berpengaruh ke sistem ABS, tetapi komponen lain seperti disc brake pastinya mengalami keausan," kata Abidin.

Editor : Iday
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa