Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Patenkan Motor Hybrid Bertransmisi Semi Automatic

Kamis, 30 Juli 2015 | 09:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Amerika – Pabrikan asal Jepang yang satu ini kembali unjuk gigi dengan teknologi. Suzuki membuat motor sport dengan mesin hybrid yang dipadu dengan transmisi semi automatic, teknologi ini sudah didaftarkan ke kantor paten di Jepang.

Teknologi hybrid ini menggabungkan kerja mesin konvensional dengan motor listrik dengan tujuan mendapat power yang besar namun ramah lingkungan. Motor listrik yang dimiliki mendapat suplai tenaga dari baterai yang terletak di bawah jok pengendara.

Kerja dari kedua mesin ini erat kaitannya dengan transmisi. Jika motor sedang berjalan dengan mesin konvensional, maka transmisi akan merubah fungsi motor listrik menjadi generator. Hal ini tentu akan membantu suplai listrik ke baterai dan mendukung kinerja komponen kelistrikan lainnya.

Perpindahan gigi pada motor ini mirip seperti motor bebek, tetap diinjak dengan kaki kiri namun tanpa perlu menekan kopling. Sistem kerjanya sudah full elektronik yang diatur oleh Transmission Control Unit (TCU) yang mengirim sinyal ke ECU dan kopling akan menekan secara otomatis.

Untuk mengaktifkan motor listrik, tombolnya terdapat di setang sebelah kanan yang tempatnya menjadi satu dengan tombol engine cut off, starter mesin dan tombol pemilih mode.

Dari gambar ilustrasi, bentuk rangkanya mirip seperti Suzuki GSX-R1000. Mari kita tunggu debutnya. (motor.otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Motor listrik sepintas mirip seperti dinamo starter yang ditunjuk no. 43

No caption
No credit
No caption

Kerja m
konvensional sama seperti pada motor pada umumnya

No caption
No credit
No caption

Ini dia skema kerja motor listriknya, lebih simpel

No caption
No credit
No caption

Transmisi semi automatic, perpindahan gigi mirip seperti motor bebek


Pengoperasian mesin konvensional atau motor listrik tinggal tekan tombol


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa