Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bedah Sasis Suzuki Address, Bukan Pengembangan Nex

Dimas Pradopo - Selasa, 11 November 2014 | 16:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta – Memiliki basis mesin yang serupa, nyatanya antara skutik Suzuki Nex dan Address memiliki perbedaan yang signifikan. Bahkan, bisa dibilang Address hanya meminjam basis mesin Nex saja. Sedangkan sisanya dikembangkan dari baru.

“Mirip Spin dan Skywave sebelumnya, sosok Nex dan Address memiliki karakter yang berbeda. Sehingga keduanya nyaris berbeda total,” papar Harsoyo, Supervisor Instruktur Training R2 PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Bahkan sampai sasis Address pun, dikembangkan benar-benar dari baru. “Karena Address dirancang untuk memiliki bagasi yang lebih luas. Sehingga mulai dari geometri, dimensi sampai link mesin didesain ulang,” ungkapnya.

No caption
No credit
No caption

Lekuk sasis bagian bawah tangki yang sebelumnya sempit dibuat lebih berlekuk untuk menambah ruang bagasi. Bahkan desain filter udaranya dibuat panjang ke belakang untuk menyiasati volume bagasi tambahan di celah ban belakang.
No caption
No credit
No caption

Posisi aki pindah ke tebeng depan, di bawah setang

Sasis Address juga dilengkapi dengan dudukan footstep belakang dan posisi aki yang kini pindah ke depan.

Uniknya, meski Address memiliki bagasi luas dan terlihat lebih besar, namun dimensi total PxLxT Address yang berukuran 1.845mm x 665mm x 1.095mm justru tak jauh berbeda dari Nex yang berdimensi 1.850mm x 665mm x 1.035mm.


Konsekuensi adanya bagasi besar membuat wheelbase Address lebih panjang dengan ukuran 1.260mm dan Nex 1.235mm. Lalu ground clearance Address hanya 120mm dengan tinggi tempat duduk mencapai 755mm. Jauh jika dibandingkan Nex yang mengandalkan ground clearance 135mm dengan tinggi jok 735mm. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa