Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Superbike Supercharger Versi Jalan Raya, Kawasaki H2 Tampil Lebih Sopan

Dimas Pradopo - Rabu, 5 November 2014 | 09:46 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Milan - Kawasaki H2 akhirnya resmi dirilis di pameran motor EICMA di Milan, Italia. Secara desain, tentunya sudah dilengkapi dengan perangkat lalu lintas. Beda dengan H2R yang benar-benar race only.

Pada bagian depan misalnya, lampu utama ada di tengah di antara airscoop pada moncong fairingnya. Bagian kanan dan kiri lampu ini tetap menjadi corong penangkap udara yang dibawa masuk ke perangkat supercharger-nya.

No caption
No credit
No caption

Masih dari area fairing, sayap ala mobil Formula One tetap di pertahankan. Baik yang ada disamping juga di 'dagu' fairing, selain untuk aerodinamika, sayap-sayap ini juga membantu mengarahkan angin mendinginkan mesin.

Uniknya, lampu sein dijadikan satu dengan spion yang bentuknya cukup aerodinamis, sudutnya tajam. Beralih ke buritan, lampu sein menempel di sepatbor belakang dan jangan berharap motor ini bisa untuk boncengan. Joknya benar-benar dibuat single seater.

No caption
No credit
No caption

Sedang kaki-kakinya, masih menggunakan pelek yang sama dengan H2R begitu juga dengan ukuran ban. Bentuk knalpotnya jelas berbeda, maklum yang ini versi harian harus tetap lolos uji emisi dan kebisingan.

Rangkanya dipastikan sama, mesin 998cc dengan supercharger-nya dipasang pada rangka teralis. Suspensi depannya KYB Air-Oil Separate II cartridge fork berukuran 43mm, yang belakang juga fully adjustbale dari KYB. Makin mantab saat ngebut, Ohlins menyumbang electronic steering dumper.

No caption
No credit
No caption

Roda depan dilengkapi dengan sepasang rem cakram Brembo 330mm semi-floating. Cakram dengan tebal 5,5 mm ini memiliki alur untuk meningkatkan luas permukaan untuk pendinginan yang lebih baik. Brembo juga memasok kaliper radial-mount monobloc cast dengan piston 30mm. Sebuah kaliper dua piston mengawal rem cakram belakang 250mm.

Di Eropa motor ini dijual 25 ribu US Dollar atau setara dengan Rp 300 jutaan, sampai Indonesia bisa dua kali lipat nih. Perbedaan spesifikasi mesinnya klik di sini ! (motor.otomotifnet.com)

Engine : 998cc, supercharged, 16-valve DOHC, liquid-cooled, in-line four-stroke
Claimed Power : 200bhp @ 11,000rpm (210bhp with Ram Air)
Claimed Torque : 98.46lbft @ 10,500rpm
Bore x Stroke : 76.0 x 55.0mm
Compression : 8.5:1
Gearbox : 6-speed, dog-ring
Chassis : High-tensile steel
F Suspension : KYB 43 mm inverted AOB fork, fully adjustable
R Suspension : Uni-Trak with KYB gas-charged dual-speed shock, fully adjustable
Front Brakes : Brembo radial-mount, 4-piston calipers, 330mm discs
Rear Brakes : Brembo 2-piston caliper, 250mm disc
Wheelbase : 1455mm
Seat height : 825mm
Kerb weight : 238kg
Fuel capacity : 17 litres

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa