Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Suzuki DRZ 400 E Supermoto, Enggak Mau Terlalu Ekstrem

Otomotifnet - Senin, 9 Maret 2015 | 12:21 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Memang dari dulu pengin punya motor yang bisa dipakai harian atau turing sama teman satu hobi

Jakarta - Saling sharing sangat penting antara modifikator dan pemilik motor, karena impian dan selera bisa tersalurkan. Seperti Irvian Bobby, pemilik motor Suzuki DRZ 400 ini akhirnya puas dengan tampilan motornya sekarang.

"Memang dari dulu pengin punya supermoto, jadi bisa dipakai harian atau turing sama teman satu hobi. Tapi enggak mau terlalu ekstrem juga dan kalau sekarang sih sudah pas," bangga pria warga Pejaten, Jaksel ini.

No caption
No credit
No caption

Selain pemanis, handguard juga berfungsi melindungi tangan

Awalnya, besutannya masih dalam keadaan standar dan diperuntukan khusus main tanah. Karena tema nya sudah ketemu, sektor kaki-kaki yang jadi fokus utama Lerry Rahmat Rizky, punggawa Caos Custom.

"Ban dan pelek kita bikin lebar tapi tetap menyesuaikan sok depan dan lengan ayunnya. Sebab, Bobby enggak mau mengubah keaslian dari DRZ," bilang pria yang workshop-nya di Jl. Pancoran Barat 8, Jaksel.

Bagi Lerry, proses perakitan kaki-kaki bukan perkara sulit. Langsung saja ban tahu berubah jadi buat ngaspal dan pelek berukuran lebar depan 3,5 inci serta belakang 4,5 inci dirasa pas buat di DRZ, enggak terlalu lebar atau maksain jadi gambot. Sedangkan teromolnya masih usung aslinya.

No caption
No credit
No caption

Piringan lebar bukan cuma pemanis, namun daya cengkeram kaliper akan lebih baik

Beralih ke suspensi. "Sok depan belakang di-custom ulang dengan mengganti per. Itu karena bawaan DRZ terlalu soft buat di jalan aspal. Makanya saya pilih lebih keras tapi casing-nya tetap aslinya," sambar Bobby yang juga member Supermoto Owner Group (SMOG).

Selesai di kaki berlanjut ke atribut pendukung, seperti pemasangan setang supermoto keluaran Renthal. Menurut Bobby, diameter setang aslinya kurang besar dan lebarnya pun kurang mumpuni untuk tampilan supermoto. Gitu ya bro.

No caption
No credit
No caption

Engine guard bikinan Caos Custom, bagus untuk menghalau kerikil

Sedangkan urusan mesin, Bobby tidak memilih untuk di-bore-up, melainkan hanya memilih part pendukung saja. "Kapasitas mesin sudah besar dan karburator pun enggak diubah, cuma jeroannya saja pakai karbu kit dari Dynojet plus gas buang aftermarket," bebernya.

Terakhir, pemasangan decal bertemakan Rock Star, minimalis namun tidak mau terlihat terlalu standar. Seperti inilah, tampilan minimalis buat Suzuki DRZ 400.• (otomotifnet.com)


No caption
No credit
No caption

Ban lebih lebar banding aslinya, ciri khas supermoto


Sisa pembakaran langsung disambut Akrapovic, tarikan makin maknyus

Data Modifikasi:
Ban depan : Avon Diztanzia 120/70-17
Ban belakang : Avon Diztanzia 150/70-17
Pelek : Excel Takasago
Setang : Renthal
Sepatbor depan : KTM 690
Teromol : Standar
Knalpot : Akrapovic
Lampu rem : DRC Jepang
Estimasi Biaya : Rp 40 juta

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa