Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Yamaha Scorpio Z, Stroke Up Siap Turing

Otomotifnet - Selasa, 3 Februari 2015 | 11:06 WIB
No caption
No credit
No caption
Buat upgrade performa motor, Andi enggak mau yang pengerjaannya kelamaan. Dia suka yang instan, bisa jadi kalau kelamaan takut ditinggal teman-teman seklubnya turing

Jakarta - Paling enak turing jarak jauh itu, dengan menggunakan motor batangan. Salah satu pilihannya adalah Yamaha Scorpio Z yang kapasitas mesinnya 225 cc.

Kondisi standarnya saja sudah siap menemani si penunggang berkelana jarak jauh. Tapi ada beberapa pengguna yang doyan turing, merasa kurang dengan kondisi mesin standar dan kemudian memilih untuk melakukan upgrade.

Yamaha Scorpio stroke up
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio stroke up

Footstep Aftermarket NUI jadi pasangan pas untuk turing

Andi Andreas, member klub Scorpioholic yang kurang puas dengan kondisi standar motor miliknya. “Performa motor harus lebih dari standarnya. Itu karena bobot badan saya yang sedikit berlebih,” ujar pria penggila perjalanan jarak jauh ini.

Yamaha Scorpio stroke up
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio stroke up

Piringan pengereman diganti menggunakan PSM biar makin Pakem

Buat upgrade performa mesin, Andi enggak mau yang pengerjaannya kelamaan. Dia suka yang instan, bisa jadi kalau kelamaan takut ditinggal teman-teman seklubnya turing. Stroke-up jadi solusi modifikasi instan yang dipilih Andi.

“Memang ada yang bilang kalau langkah itu kurang aman dipakai jalan jauh. Tapi tenang saja mekaniknya sudah pengalaman melakukan hal tersebut. Karburator juga di-jetting ulang, dengan pilot jet ukuran 17,5 dan main jet 115,” tutur pria ramah ini. Klep pakai produk aftermarket dari TK Racing, namun tetap menggunakan ukuran yang sama dengan standarnya.

Yamaha Scorpio stroke up
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio stroke up

Kruk as distroke up 3mm atas bawah volume mesin mening-kat jadi 246,1CC
Dengan apa yang sudah dilakukan itu, akhirnya juga diputuskan untuk sedikit memodifikasi knalpot standar. Enggak ada penambahan lain, meski memang sering dipakai turing. Dengan alasan mau yang simpel-simpel saja, maka aksesori seperti boks, setang lebar, hand guard dan lain-lain itu dipilih untuk ditiadakan.

Aksesori memang enggak dipasang, namun bagian kaki-kaki mengalami perubahan. Pelek bawaan pabrik diistirahatkan dan diganti yang tapaknya lebih lebar model jari-jari keluaran TK Excel yang berukuran 3,5 inci di belakang dan depannya 2,5 inci.

Yamaha Scorpio stroke up
Dok. Otomotifnet
Yamaha Scorpio stroke up
“Biar aman di jalan baik saat melibas trek lurus maupun menikung, pelek dikombinasikan dengan ban Bridgestone BT45 ukuran 130/70 di depan dan belakang 100/80,” ucap Andi lagi. Untuk semua yang sudah dilakukan itu, Andi mengeluarkan lebih kurang Rp 9-10 juta. Tapi memang itu membuat besutannya tangguh saat diajak turing Jakarta–Jambi–Ngawi.

 “Berminat turing bareng, bro? Langsung dateng aja ke sekertariat Scorpioholic yang sekaligus bengkel upgrade mesin khusus Scorpio di Jl. Joglo Raya, Jakbar,” ajak Andi seraya memberi tahu bisa dikontak di nomor 085768887906. Siyap bro. • (Otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa