Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nih Motor Pemadam Kebakaran, Reaksi Cepat di Jalan Raya!

Dimas Pradopo - Jumat, 16 Januari 2015 | 10:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Motor milik Pemadam Kebakaran DKI Jakarta ini lebih lincah di jalanan


Jakarta - Untuk mengatasi kebakaran mobil di jalan raya dan evakuasi kecelakaan, kini dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta menghadirkan sepeda motor Suzuki Inazuma 250 cc sebagai kendaraan reaksi cepat pemadam kebakaran ringan.

“Motor reaksi cepat ini khusus di desain untuk mengatasi kebakaran ringan seperti kebakaran mobil atau kecelakaan. Jadi terdapat dua jenis motor yang tersedia sekarang ini yaitu, sepeda motor Ifex berfungsi memadamkan api, dan motor rescue untuk mengatasi korban kecelakaan,” jelas Herman P, Komandan Regu Pemadam Kebakaran Jakarta selatan yang bermakas di Lebak Bulus.


No caption
No credit
No caption

boks modifikasi khusus untuk meletakan peralatan rescue

Motor pemadam kebakaran ini hanya dimiliki oleh Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta, yang nantinya akan di sebarkan di setiap pos pemadam kebakaran. Setiap laporan kejadian segera meluncur empat unit motor Ifex dan satu unit motor rescue.

“Targetnya dari pos pemadam kebakaran ke lokasi kejadian hanya menempuh waktu 2 menit dengan jangkauan jarak 5 – 10 km. Bagusnya lagi motor kami bisa masuk tol, bila kejadian kecelakaan lalu lintas ada di ruas jalan tol,” tambah pria berbadan tegap ini.


No caption
No credit
No caption

Selang 20 meter di letakkan di belakang motor lengkap dengan nozle

Motor Ifex
Suzuki Inazuma 250 cc Fuel Injection SOHC ini dimodifikasi khusus sebagai unit pemadam kebakaran ringan. Dilengkapi peralatan pendukung seperti tabung H20 science fire fighting system, terletak di sebelah kanan dan kiri motor.

Satu tabung berisi 40 liter air dengan bahan campuran foam atau liquid. Sedangkan di atasnya terdapat dua alat tekanan air yang diberi nama Ifex. Sebagai penyalur air terdapat selang berukuran 20 meter yang diletakan di belakang motor lengkap dengan gulungan dan nozle.


No caption
No credit
No caption

Herman P. Target dari Pos pemadam ke lokasi kejadian 2 menit dengan jarak 5-10 km

Cara pengoperasian cukup mudah tinggal memutar keran, maka otomatis alat Ifex tersebut menyemburkan air bercampur liquid. Jangkauan air hingga 10 meter. “Sebagai alat peringatan untuk membuka jalan, tersedia sirine yang suaranya cukup keras. Dengan kapasitas mesin yang cukup besar, motor ini sangat lincah diperkotaan dan mudah bermanufer dijalan perkotaan,” Imbuh Herman.

Motor Rescue
Sepeda motor ini juga menggunakan Suzuki Inazuma 250 cc dengan boks modifikasi khusus, untuk meletakan peralatan. Pengendara motor dibekali dengan ilmu evakuasi kendaraan dan pertolongan pertama bagi korban kecelakaan.

Motor tersebut mempunyai tiga boks, dua di sisi kiri dan kanan dan satu boks di atas. Boks sebelah kanan di isi oleh combi tools charger, yang mempunyai dua fungsi sebagai alat memotong benda keras seperti lempengan besi, dan membuat celah atau lubang.



Dua tekanan air yang diberi nama Ifex

Untuk boks di sebelah kiri terdapat Apar (alat pemadam api ringan), rante berukuran besar, alat pemotong kaca, dan linggis penyongkel. Sedangkan boks ketiga terletak di atas jok belakang, gunanya untuk meletakan alat – alat P3k seperti perban, obat merah, kapas, dan lain - lain.

“Kami yakin dengan adanya sepeda motor Ifex dan Rescue kinerja pemadam kebakaran lebih cepat ke tempat kejadian. Karena selama ini kemacetan Jakarta memperlambat kami ke lokasi kebakaran atau kecelakaan,” tutup Herman. • (otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa