Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Piaggio LX 150ie Turing ala Move ID, Lengkap Luar-Dalam

Dimas Pradopo - Senin, 29 Desember 2014 | 15:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Hampir semua members Move ID chapter Tangerang Selatan meng-upgrade mesin dan tampilan.

Jakarta - Untuk turing, Piaggio LX upgrade-nya harus lengkap. Mulai dari tampilan, kaki-kaki, mesin dan juga pemasangan boks tambahan untuk membawa pakaian pun dibutuhkan selama turing.

Contohnya yang dilakukan Suryowirawan, salah satu member dari Move ID. Ini juga bisa dijadikan rujukan bagi pengguna Piaggio LX lainnya  yang doyan turing.

No caption
No credit
No caption

Handguard menjaga jari dari benturan dengan spion mobil atau ekstrim lainnya

"Dari 70-an anggota di Move ID, setengahnya memakai boks tengah sebagai gantinya tas ransel. Mesin juga dioprek agar turing makin nyaman ketika menghadapi tanjakan ekstrim," ucap Wakorwil (Wakil Koordinator Wilayah) Move ID chapter Tangerang Selatan ini.

Menurutnya, upgrade mesin kisaran Rp 2-10 juta, tergantung perangkat yang dipilih. Sebagai bengkel rujukan, Suryo biasa datang ke MAD Prapanca, Neo Bintaro, Vespa Garage dan Doctor Matic Bandung.

No caption
No credit
No caption

Dudukan HP bisa dipasang mana saja asalkan gadget enggak melorot dan jatuh

Malossi kit memang menyediakan paket bore-up sampai 190 cc seperti di LX Suryo, terdiri dari blok set, seher dan lainnya. Sedangkan variator kit di daerah CVT, baik Malossi maupun Polini juga menyediakan.

"Standar part racing kit buat Piaggio pakai Malossi, Polini dan lokalan. Mahal karena semua komponen harus pesan dari luar negeri, walau beberapa part sudah ada yang jual disini," bilang pria pembesut Piaggio LX tahun 2012 ini.

No caption
No credit
No caption

Sok berperforma tinggi penting menjaga handling selama turing

Faktor pendukung lainnya seperti lampu strobo LED, handguard, grip gas, boks 37L dan crash bar. "Lampu LED penting buat jalan malam, baik itu teman di depan dan kendaraan dari lawan arah," jawabnya.

Sedangkan top box enggak semua suka digunakan oleh para members, namun hampir setengahnya memasang komponen ini. Terlebih memang kebutuhan bawa barang selama turing jauh dan menginap dadakan di jalan.

No caption
No credit
No caption


Buat kaki-kaki, Suryo memilih produk Bitubo race suspension di suspensi depan dan belakangnya. Performa sok ini memang sudah terbukti di ajang balap. "Di balap saja banyak yang pakai, untuk harian lebih nyaman dan pede sekali buat melibas tikungan," bilang pria yang sudah turing sampai Bali bareng klubnya.

Penerus sisa pembakaran tipe racing merupakan menu utama meningkatkan performa

Selain itu, pemasangan pelindung bodi terhadap benturan atau biasa disebut crash bar jadi wajib hukumnya, karena bodi akan tetap terjaga kemulusan. "GPS juga penting sebagai penunjuk arah selama perjalanan," tambahnya.

Mau tahu lebih rinci, silahkan lihat foto berikut. (otomotifnet.com)

Move ID : 0811-8888-856

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa