Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Kaisar Ruby V250, Sebut Saja Ini Softail Fatboy!

Dimas Pradopo - Sabtu, 27 Desember 2014 | 13:45 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

“Enggak mudah untuk dilakukan, kesulitan utamanya menyamakan dimensi dan detil. Kalau hanya bongkar pasang saja itu sih mudah.”

Yogyakarta - Rujukan modifikasi yang paling cihui buat Kaisar Ruby V250, pasti menjurus pada tongkrongan Harley-Davidson (H-D). Itu karena basic motor bermesin V tersebut sangat mendukung modifikasi Amrik itu. Seperti milik Totok Dwi, warga Yogyakarta ini.

Soal contoh ubahan memang banyak. Namun urusan eksekusinya, tunggu dulu bro. “Enggak mudah untuk dilakukan, kesulitan utamanya menyamakan dimensi dan detil. Kalau hanya bongkar pasang saja itu sih mudah,” ungkap Oscar Permadi.

No caption
No credit
No caption

Airbrush model tribal, disematkan hanya pada bagian tangki

Pria yang juga owner workshop Putra Nugraha Motor Yogyakarta itu bilang, intinya kudu menyiasati supaya sesuai dengan motor rujukan. Selain itu, juga wajib pas dengan segala aksesori yang nantinya dipasangkan ke tunggangan milik Totok.

Artinya pilihan aksesori ikutan pegang peran dan ini disadari Totok juga Oscar. Makanya aplikasi aksesori yang akan terpasang dipilih dan dipilah.

No caption
No credit
No caption

Ban gambot dengan garis putih, tampilan jadi klasik

Nah, aksesori dasar yang dipakai adalah H-D Fatboy lansiran 2008. Tapi enggak murni plek. Karena kombinasi antara Fatboy dan Softail. “Bilang saja Softail Fatboy-lah. Karena headlamp-nya misah. Lalu spatbor belakang itu kombinasi Softtail dan Hardtail,” tutur Oscar singkat. Bingung kan?

Mending langsung kita telaah modifnya yang dimulai dari aplikasi ban Dunlop. Dengan bagian depan model white wall ukuran 130/80R16 dan buritan ditanam white stripe 140/90R16. Tampilan Ruby, jadi agak gemuk  dan klasik dengan ban seperti ini.

No caption
No credit
No caption

Knalpot modifikasi, gelegarnya sama dengan Harley Davidson

Selanjutnya tangki bensin alami ganti kulit. Maksudnya dicat ulang dengan airbrush glitter model tribal flame. Diakui tangki tak diubah, karena wujudnya diklaim masih mirip motor yang dirujuk.

Oh ya stang dibuatkan sendiri dan itu termasuk cover mesin yang terbuat dari plat. Tak ketinggalan komponen sokbreker belakang ikutan dikondomi. Kelar? Belum lah!


Aksesori copotan H-D lain ikut diaplikasikan. Di antaranya spion, serta headlamp. Sedangkan variasi Taiwan terlihat pada stoplamp buritan serta sein.

Eits satu lagi, knalpot juga dimodifikasi, dengan gelegar suara yang diklaim sama dengan H-D asli. Bagimana bro, mirip apa belum H-D Softail Fatboy ini? (otomotifnet.com)

Data Modifikasi:
Ban : Dunlop 130/80R16, 140/90R16
Stang : variasi
Cover mesin : Modifikasi
Cover aki : Modifikasi
Headlamp : Harley Davidson
Spion : Harley Davidson
Biaya : Rp 20 jutaan
Bengkel : Putra Nugraha Motor, Jogja


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa