Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Vespa S 150 Balap, Bore Up Sampai 194 cc!

Dimas Pradopo - Selasa, 4 November 2014 | 10:28 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta - Biasanya, punya Vespa S 150 ie pasti sering dielus-elus biar kinclong. Beda kalau yang punya M. Prapanca. Ia justru membuat Vespa S semata-mata untuk meramaikan event balap khusus Vespa matik di Sirkuit Sentul! Mantaaap..

"Sengaja saja, biar makin ramai dan sekaligus memancing yang lain biar ikut ngeramein balapan. Daripada main balap liar, lebih bonafid di ajang resmi dong. Jadi kalo lecet-lecet sudah biasa," jawabnya sambil senyum.
No caption
No credit
No caption

Terlebih lagi, Prapanca menyerahkan skutiknya ke bengkel F38 yang memang hafal betul seluk beluk mesin Vespa dan punya trik khusus bikin Vespa matik jadi ngacir. Tujunnya sih, untuk balap di kelas elit, Free For All.

"Memang sudah niatan Prapanca bikin Vespa balap di kelas FFA, bebas menaikkan kapasitas mesin, dari 150 cc sampai 300 cc. tapi kita buat enggak terlalu besar, biar aman dan yang penting juara," bangga Herry, Manager Tim F38.
No caption
No credit
No caption

Enggak heran kalau peringkat satu dan dua sudah jadi langganan Vespa garapan F38 ini. Trik membesarkan mesin jadi tumpuan utama. Piston standar 58 mm berubah jadi 65 mm tanpa perubahan stroke di 58,6 mm. Volume mesin langsung bengkak jadi 194 cc!

"Pelebaran diameter piston ini memaksakan klep in dan out juga ikut membesar. Sistem pengabutan diganti lebih gede buat mengimbangi mesin," bilang pria yang gerainya di Jl. H. Saili Slipi, Jakbar.

Bukan itu saja, pengapian pun minta yang besar untuk mendukung pembakaran di ruang mesin. Dari CDI hingga koil standarnya disimpan dan comot dari perangkat tipe racing.

Setelah mesin sanggup melawan yang lain, enggak afdol kalau kaki-kaki enggak dikuatkan. Karena sok depan belakang yang asli terlalu empuk, tipe racing disematkan sebagai gantinya demi melibas tikungan dengan cepat. Makin bertambah pialanya.  (motor.otomotifnet.com)

Data Modifikasi
Ban dpn blkg : Pirelli
Sok dpn blkg : Bitubo
Karburator : PWK 28
Koil : Protec
CDI : Moric
Roller : 7-9 gram
Knalpot : CLD
Estimasi Biaya : Rp 18 juta
F38: 0815-8844-543

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa