Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Vespa S 150, Trik Jitu Menipu Lawan

Dimas Pradopo - Minggu, 31 Agustus 2014 | 16:58 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Dari segi tampilan memang sepertinya biasa saja. Tapi kalau lagi ketemu di jalan dan ngetes akselerasi bareng sama Vespa S milik David Sunjaya ini, pasti Anda penasaran karena enggak bisa menyusul. "Iya lah. Karena hanya tampilan luar aja yang terlihat standar. Yah, jadi sedikit menipu," ucap David sambil senyum.

Lalu keistimewaannya apa sih? Kalau kita telusuri lebih dalam lagi, ternyata bagian mesin sudah di-upgrade. Menurutnya, penambahan kapasitas mesin wajib baginya dan kebetulan juga ia pemilik bengkel Motrattivo Workshop And Accessories (MWA).

No caption
No credit
No caption
 
Tarikan tenaga makin terasa setelah pemakaian belt Kevlar Malossi

"Power mesin ditambah biar seru dan lebih responsif dibandingkan standarnya. Dari aslinya 150 cc menjadi 187 cc. Pemasangan juga enggak susah, sebab blok set Malossi sudah menyiapkan semua kebutuhan buat Vespa S. Tinggal plek tanpa mengubah kondisi asli skutik ini," ucapnya.

No caption
No credit
No caption

Secondary gear juga kena jamah demi imbangi performa


Saat pengetesan pertama, tarikan atas memang cepat, tapi masih kurang memuaskan. Makanya David mulai melakukan porting polish (PP) bagian kepala silinder dan menambah beberapa komponen supaya biar enak lagi larinya.

PP ditujukan untuk memperlancar aliran udara dan bahan bakar menuju ruang bakar, sehingga tercipta efisiensi dalam pembakaran. "Efisiensi volumetric tidak akan mencapai 100% dikarenakan hambatan aliran udara dan bahan bakar menuju ruang bakar, pembakaran di mesin makin sempurna bila dilakukan PP pada intake dan head cylinder," katanya.


Sidebar atau body protector bikin tampilan ‘S' jadi rapi dan aman dari benturan


Trik selanjutnya mengakali transfer tenaga dari mesin ke roda. Seluruh jeroan CVT mulai dibenahi satu per satu biar makin edan akselerasinya.

"Kita pakai satu merek, semua kita ganti dari standarnya. Berat roller pilih yang lebih ringan. Tapi akomodatif untuk tarikan atas bawah," beber pria yang buka gerai di Ruko Arinda Permai Jl. Raya Pondok Aren Blok A1 nomor 12, Tangerang Selatan. (motor.otomotifnet.com) 

DATA MODIFIKASI:

Flyscreen : Vespa Original
Front Rack : Vespa Original
Side Bar : Vespa Original
Mesin : Malossi 187 cc
Head : Porting-Polish
Noken As : Malossi
Delta Clutch : Malossi
Roller : Malossi 11,5 gram
Variator : Malossi
Belt : Malossi Kevlar
Knalpot : Custom
MWA : 021-731-8151

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa