Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Suzuki GSX-R400 1994, Ketika Si Tua Mau Tampil Modern!

Dimas Pradopo - Sabtu, 23 Agustus 2014 | 16:53 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Tampilan moge jaman dulu kan bodinya besar dan berkesan kaku,”

Purwokerto - Punya moge berkapasitas mesin 400 cc pasti seru, power gede dan suaranya itu loh, menggetar hati hehehe... Kalo dari sisi mesin sih moge keluaran 1994 masih banyak yang mumpuni dan layak pakai. Lain cerita kalo bicara tampilannya, hmmm... pasti sudah berkesan jadul mengingat umur motor cukup tua karena sudah melewati usia 15 tahun.

No caption
No credit
No caption

Dari bodi hanya tersisa tangki bahan bakar saja

Daripada dijual sayang, mending diubah jadi lebih modern, makanya Benny Zuliansyah yang punya motor ini memboyong ke bengkel Ripto’s Custom Bike (RCB). Di bengkel bermarkas di wilayah Purwokerto, Jateng ini, Benny menginginkan jubah untuk motornya.

“Tampilan moge jaman dulu kan bodinya besar dan berkesan kaku, nah di sini saya buatkan bodi baru yang full fairing tapi tetap ramping dengan desain yang lebih modern,” urai Suripto, juragan RCB. Pembuatan bodi baru menggunakan bahan fiberglass dengan pengerjaan yang memakan waktu dua minggu saja.

No caption
No credit
No caption

Headlamp menyipit terlihat sangar, penerangan maksimal berkat lampu projector

Ripto melengkapi bodi buatannya dengan headlamp Honda Vario 125 yang berisikan lampu projector. Sementara buritan masih pakai lampu skutik Honda tersebut. “Dari motor sebelumnya hanya terpakai tangki saja, lainnya saya buat ulang semua,” beber Ripto.

No caption
No credit
No caption

Knalpot custom, langsung order ke Purbalingga, pusatnya perajin knalpot

Tapi tugas Ripto membuat bodi hanya sampai tahap bodi yang di-epoxy saja. Ini karena Benny mau bodi baru untuk motornya dipenuhi dengan gambar-gambar menarik dengan teknik airbrush. Urusan airbrush, Benny mempercayakan pada Lutvi dari Toekang Cet untuk mengerjakannya.

“Dari bahan bodi dengan epoxy saya buatkan airbrush realis dengan tema animasi game Final Fantasy, sesuai pesanan yang punya motor. Di sini semua bagian bodi kena semprotan airbrush,” terang Lutvi yang bermarkas di Jl. Sokajati, Purwokerto.

No caption
No credit
No caption

Buritan terlihat seksi dengan bodi nungging dan ban gambot

Untuk mendapatkan hasil maksimal, bahan cat pakai merek berkualitas yakni Sikkens. Proses airbrush mulai dari menggambar hingga finishing memakan waktu sekitar satu bulan. Enggak heran kalo biaya untuk airbrush ini termasuk yang menghabiskan dana lumayan, karena tingkat kesulitannya yang tinggi.


Tampilan kini enggak kalah keren sama moge-moge keluaran terbaru

Baju baru yang modern sudah terpasang nih, sementara urusan kaki-kaki swingarm comot milik GSX 1000. Pelek dari Honda CBR600, sementara sok depan milik Suzuki GSX 750. Hanya saja pelek dipolish dan dilabur warna merah marun pada bagian palangnya. Kemudian swingarm, footstep hingga deltabox kena celup krom.

Terlihat lebih muda dong. (motor.otomotifnet.com)

DATA MODIFIKASI:
Bodi Custom by Ripto’s Custom Bike
Airbrush by Toekang Cat
Pelek Honda CBR 600
Ban Metzeler 120/70-17 dan 180/55-17
Cakram depan Honda CBR 600
Swingarm Suzuki GSX 1000
Sok depan Suzuki GSX 750
Lampu depan Projector Honda Vario 125
Lampu belakang Honda Vario 125
Knalpot Vance Hines
Biaya modifikasi Rp 20 jutaan
Ripto’s Custom Bike 0816-4289149
Toekang Cet 0857-93666611


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa