Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Jupiter Z Podium di Indoprix Dengan Mesin Motoprix

Dimas Pradopo - Senin, 5 Mei 2014 | 13:43 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bogor - Mesin jebol di race perdana IP110, enggak menyusutkan niat Tamy Pratama untuk naik podium seri pembuka Indoprix 2014. Apalagi sebelum terpaksa keluar lintasan, posisinya ada di urutan ke-2.

“Pada race 1 tersebut, mesin Yamaha Jupiter Z yang dipakai Tamy sudah dapat setingan yang terbaik. Apalagi dalam kondisi cuaca Sirkuit Karting Sentul yang panas saat itu,” kata Agus Budi Santoso, kepala mekanik tim Yamaha Yamalube KYT FDR SND.

No caption
No credit
No caption

Noken as diseting untuk galak di putaran mesin atas

Show must go on, mesin cadangan yang memang sudah disiapkan Agus langsung ditemplokkan ke sasis tunggangan Tamy. Agak mengejutkan, mesin ini punya sejarah sebagai mesin pengantar juara.
No caption
No credit
No caption

Silinder head rompal korban race 1 yang 2 kali red flag


“Enggak ada mesin lain yang disiapkan selain mesin yang pernah membawa Asep Kancil juara Motoprix region 2 pada 3 tahun silam,” papar pria asal Klaten, Jateng ini.
No caption
No credit
No caption

Dari data logger tercatat, RPM selalu digantung di angka 10 ribu

Agus memastikan, bahwa enggak ada barang dengan bahan istimewa menempel pada mesin tersebut. Dari klep yang memakai part standar Honda Sonic, dengan ukuran payung yang diamaternya dibuat 27 in dan 23 ex. Noken as dibuat agar power mesin lebih keluar di putaran atas. Makanya durasi noken as dipatok pada angka 278°.
No caption
No credit
No caption

Seluruh gas buang pakai AHM


Dengan setingan mesin seperti ini dari saat latihan resmi, Agus turut serta memastikan racing line yang diambil Tamy sesuai. “Putaran mesin harus dijaga di atas angka 10 ribu rpm. Itu supaya power mesin bisa keluar dengan maksimal. Dengan konsisi tersebut, tentunya Tamy butuh racing line yang pas,” terangnya. Hasil akhirnya, dengan mesin yang setingan Motoprix, Tamy bisa naik podium ke-2 pada race 2 IP110. (motor.otomotifnet.com) 

Agus (kiri) & Tamy (kanan), warning alert bagi pembalap lainnya


Data Modifikasi :
Ban : FDR
Knalpot : AHM
CDI : Rextor
Sok : YSS
Klep : Honda Sonic
Data Logger : Mychron4

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa