Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yamaha Mio Fino FI, Bore Up 132 cc Top Speed Bisa 115 km/jam!

Dimas Pradopo - Minggu, 9 Maret 2014 | 12:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Memang dasarnya suka oprek motor, besutan merek apapun di tangan Sugianto pasti kena oprek. Kali ini Yamaha Mio Fino FI yang baru saja ditebusnya yang jadi sasaran bore up sekaligus upgrade tampilannya.
 
"Dari dulu memang hobi utak-atik motor bro, jadi enggak bisa melihat tampang maupun mesin motor standar pabrik. Keduanya pasti mengalami ubahan, meski enggak ekstrem yang penting tampilannya makin ciamik, begitu juga dengan performanya," tutur warga Sunter Jaya, Jakut.
No caption
No credit
No caption

Ruang bakar membengkak jadi 132,5 cc dijejali piston diameter 54 mm. Buka tutup klep makin optimal setelah noken as di-custom menjadi 260 derajat.
Soal garapan, pria akrab disapa Oblack ini bekerja sama dengan bengkel ART 142 yang tak jauh dari tempat tinggalnya. "Doi order bore-up tapi enggak terlalu besar, biar tetap enak dan nyaman dipakai untuk harian. Sesuai hasil rembukan, saya aplikasi piston berdiameter 54 mm (standar 50 mm). Ruang bakar menjadi 132,5 cc dengan perbandingan kompresi 12,5 : 1 (standarnya 9,3 : 1)," papar Budi Setiawan, penggawang ART 142.

Lalu urusan buka tutup klep, Abud, panggilan akrab Budi Setiawan meng-custom noken as standarnya dengan durasi 260 derajat. "Biar putaran bawahnya makin responsif, puli saya bubut menjadi 13 derajat, roller pakai bobot 9 gram rata dan per CVT aplikasi yang 1.500 rpm," ujarnya.

No caption
No credit
No caption

 
Tak hanya jeroannya yang dirombak, bagian luar CVT juga kena sasaran ubahan. Knalpot lebih plong dan tampil cilong
Tak ketinggalan, agar aliran gas buang makin lancar, knalpot standarnya dibobok. "Peranti ini sengaja dikrom biar tampilannya juga menarik. Menyesuaikan ubahan kaki-kaki dan beberapa peranti lain yang sudah dikrom dan tampil cilong," imbuh pebengkel di Jl Sunter Jaya No. 29 Jakut.

Setelah berubah seperti ini, Oblack mengaku sangat puas karena sesuai dengan yang dia inginkan. "Modal ‘lima rebu’ atau Rp 5 juta, luar dalam dapat. Maksudnya tampilan oke, performa juga yahud. Oh ya, kondisi standar top speed mentok di angka 95 km/jam. Sekarang mampu tembus 115 km/jam. Pokoknya makin agresif dan responsif dah," kekeh Oblack. (motor.otomotifnet.com)


Kondisi standar top speed mentok di angka 95 km/jam, sekarang mampu tembus 115 km/jam

ART 142: 08881541428


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa