Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Blade, Momok Baru Kelas 130 cc!

billy - Rabu, 25 Desember 2013 | 15:50 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Bekasi - Beberapa tahun ke belakang, langganan jawara ajang drag bike di kelas bebek 4 tak 130 cc open yakni tim yang mengandalkan Yamaha Jupiter. Karena hampir semua yang turun di kelas ini mengandalkan bebek lansiran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing tersebut.

Namun beberapa bulan terakhir lain cerita mas bro, setelah Ajat dari tim MBRT asal Bekasi meracik tunggangan baru lansiran sayap mengepak, yakni Honda Blade edisi 2011. Bahkan kini menjadi momok baru di kelas ini, karena sudah beberapa kali menjadi yang tercepat. Ups, mantap Bro!

No caption
No credit
No caption

Pengapian makin optimal mengandalkan CDI Rextor Prodrag. Karburator pakai Sudco 28 mm dengan paduan spuyer (115/60)
"Ditunggangi Alfan Chebong di beberapa event, berhasil menjadi yang tercepat. Di antaranya juara 1 di gelaran Sentul Drag Bike bulan Oktober lalu. Kemudian di drag Bandung, berhasil tercepat kedua dan di Sentul Drag Bike pertengahan bulan November lalu, juga berhasil menjadi yang tercepat," papar Ajat.

Warga Bekasi, Jabar ini bilang di balap lempeng 201 meter tersebut (Sentul), berhasil menorehkan catatan waktu terbaiknya 8,812 detik. Meski waktunya beda tipis dengan tim lain yang berada di bawahnya, namun Ajat bangga karena hasil racikannya terbukti kenceng.

No caption
No credit
No caption

Knalpot berlabel DT 96

"Saya sengaja racik Honda Blade, karena selama ini belum ada yang mengandalkannya di ajang drag bike. Makanya saya tertantang dan penasaran untuk meramunya. Garapan ini juga masih terbilang baru, soalnya ikut event baru sekitar 6 kali," imbuh pria berpostur tinggi 165 cm.


Sedangkan soal ubahan, Ajat bilang kalau untuk dongkrak ruang bakar, mengandalkan piston FIM diameter 54,5 mm (129,63 cc). Lalu noken as standarnya di-custom sehingga durasinya menjadi 266 derajat.

"Perbandingan kompresinya 13,5 : 1. Cukup padet, tapi masih aman untuk trek Sentul yang bisa dibilang cukup panas," tutup pria ramah ini. (motor.otomotifnet.com) 

 Data Modifikasi
Piston : FIM 54,5 mm
Noken as : Custom (266 derajat)
Kompresi : 13,5 : 1
Klep : 28/24
Spull : Total loss
Kruk as : Custom
Karburator : Sudco 28
Knalpot : DT 96
MBRT : 021-89559036 / 0857-78722386


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa