Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Spesifikasi Ducati 1199 Superleggera, Paling Istimewa!

billy - Rabu, 23 Oktober 2013 | 10:30 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Italia - Akhirnya Ducati merilis foto-foto dan spesifikasi Ducati 1199 Superleggera. Sudah pasti, secara spesifikasi, motor ini lebih mewah dari 1199 Panigale R. Pemilihan material komponen, tenaga dan bobotnya yang "superleggera" atau super ringan menjadi daya tarik lebih.

Ducati pun hanya menyediakan 500 unit saja, jadi hanya Ducatisti yang beruntung dan berkantong tebal yang dapat memilikinya.

No caption
No credit
No caption

Komponen mahal dan ringan jadi salah satu keunggulannya.

Bobot kosong motor ini hanya 155 kg, sedang berat isinya dengan tanki bahan bakar terisi 90 pesen, beratnya hanya 177 kg. Wah, lebih ringan dari Honda CBR250R dan Kawasaki Ninja 250! Padahal tenaganya diklaim lebih dari 200 dk. Power to weight ratio-nya jadi besar.

Seperti info pada spy shoot-nya kemarin. Material magnesium digunakan untuk part-part penting seperti rangka monocoquec, pelek forged dari Marchesini dan beberapa komponen kecil lainnya. Sedang sub frame belakang dan seluruh bodinya terbuat dari carbon fiber yang sangat ringan namun kuat.

No caption
No credit
No caption

Agar makin ringan, aki diganti dengan lithium ion. Knalpot juga dipangkas beratnya menggunakan material titanium untuk silencer-nya, sedang header-nya menggunakan stainless steel dan dikuatkan.

Suspensinya juga istimewa, sokbraker belakang super ringan sengaja diorder pada Ohlins, akhirnya upside down FL916 jadi pilihan. Makin ringan, segita pemegang sokbraker dibuat dari alumunium CNC. Sedang yang belakang menggunakan Ohlins TTX36. Remnya mengusung kaliper Brembo M50 Monobloc.

No caption
No credit
No caption

Mesinnya tetap superquadro, 1.198 cc V-Twin. Tapi komponen mesin seperti con rod dan klep menggunakan material titanium. Pistonnya juga dimodifikasi dengan dua ring yang mampu mengurangi koefisien gesekan. Chamber aliran bahan bakar di kepala silinder juga dimodifikasi menyerupai spesifikasi WSBK. Kruk as dibuat lebih ringan dan dibalance ulang.

Agar tetap safety, fitur seperti Anti Lock Brake System (ABS), Ducati Wheelie Control (DWC), Ducati Traction Control (DTC) dan Engine Brake Control (EBC) ikut disematkan. Oiya, transmisi pada motor ini juga banyak dibenahi khususnya pada final ratio.


Jika semua ini belum cukup, Ducati menyiapkan race kit buat 1199 Superleggera. Isinya ada knalpot Akrapovic titanium, windshield, hingga kita untuk melepas dudukan plat nomor. Dengan aplikasi racing kit tadi, powernya diklaim naik sekitar 5 dk.

Harganya, sekitar 65 ribu US Dollar atau setara dengan Rp 720 jutaan! (motor.otomotifnet.com)  


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa